Pengecer Elpiji 3 Kg di Temanggung Dijatah 5 Tabung/Hari

   •    Senin, 13 Jun 2016 12:01 WIB
elpiji 3 kg
Pengecer Elpiji 3 Kg di Temanggung Dijatah 5 Tabung/Hari
Elpiji 3 kg. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Temanggung: Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, membatasi pasokan elpiji ukuran tiga kilogram di tingkat pengecer. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi melambungnya harga bahan bakar bersubsidi tersebut.

Mengutip Antara, Senin, 13 Juni 2016, Sekretaris Tim Monitoring Tata Niaga Elpiji Kabupaten Temanggung, Arief Mujiono, mengatakan, selama ini tidak ada aturan penjualan di tingkat pengecer.

"Yang diatur titik pangkalan, maka barang lebih banyak di pangkalan," katanya, di Temanggung.

Pengurangan pasokan ke tingkat pengecer mencapai 50 persen. Jika biasanya pengecer mendapat pasokan 10 tabung per hari, kini hanya lima tabung per hari.

"Masyarakat kami imbau membelinya di pangkalan dengan harga Rp15.500 per tabung," katanya.

Dia memastikan, masyarakat tidak akan kesulitan mencari elpiji 3 kg. Karena, jumlah pangkalan telah bertambah dari semula 169 menjadi 341 pangkalan yang tersebar di 289 desa/kelurahan di Temanggung.

Sejalan dengan itu, menghadapi Ramadan dan Lebaran kuota elpiji 3 kg ditambah 13,4 persen. "Apalagi pada bulan Juni ini, bersamaan bulan Ramadhan maka pasokan elpiji ukuran tiga kilogram untuk tingkat kabupaten ditambah 13,4 persen," katanya.


(SAN)