Temanggung Dapat Tambahan Elpiji Bersubsidi 64.840 Tabung

Antara    •    Kamis, 28 Sep 2017 10:10 WIB
gas elpiji
Temanggung Dapat Tambahan Elpiji Bersubsidi 64.840 Tabung
Pekerja menata tabung gas elpiji tiga kilogram ke atas bak mobil di pangkalan gas elpiji Desa Muntung, Candiroto, Temanggung, Jateng -- ANT/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Temanggung: Kabupaten Temanggung bakal mendapat pasokan tambahan fakultatif elpiji ukuran 3 kilogram sebanyak 64.840 tabung pada Oktober 2017. Hal ini untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat bersamaan dengan panen tembakau.

"Tambahan fakultatif tersebut akan disalurkan setiap hari sebanyak 2.493 tabung," kata Sekretaris Tim Pengawasan Tata Niaga Elpiji Tiga Kilogram dan BBM jenis tertentu Pemkab Temanggung Arief Mujiono di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis 28 September 2017.

Arief menuturkan, pasokan reguler elpiji 3 kilogram pada Oktober 2017 sebanyak 18.706 tabung per hari. Jika ditambah pasokan fakultatif sebanyak 2.493 tabung per hari, total pasokan menjadi 21.199 tabung per hari.

Tambahan pasokan tersebut diharapkan dapat memenuhi permintaan masyarakat, apalagi panen tembakau sudah mulai berkurang pada Oktober. Menurut Arief, pasokan elpiji bersubsidi di Temanggung berjalan lancar pada September 2017.

"Meskipun bersamaan dengan panen tembakau, tidak ada gejolak permintaan. Kebutuhan elpiji terpenuhi dengan baik," terang Arief.

Menurut Arief, pasokan harian elpiji pada September 2017 sebanyak 20.617 tabung. Ia mengakui, ada penambahan fakultatif sebanyak 5.028 tabung pada awal September. Pekan lalu juga ada penambahan lagi sebanyak 10.750 tabung yang disalurkan selama tiga hari.

"Secara umum, kebutuhan bahan bakar bersubsidi tercukupi dengan baik selama panen tembakau.Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang cenderung terjadi gejolak," katanya.

Saat memasuki masa panen tembakau, lanjut Arief, biasanya permintaan gas elpiji meningkat karena banyak tenaga kerja atau petani kerja lembur yang membutuhkan tambahan konsumsi sehingga kebutuhan gas bertambah.


(NIN)