Jateng Kendalikan Inflasi dengan Aplikasi SiHaTi

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 20 Nov 2017 13:28 WIB
inflasi
Jateng Kendalikan Inflasi dengan Aplikasi SiHaTi
Program aplikasi SiHaTi. Foto: Metrotvnews.com / Kuntoro Tayubi

Jakarta: Berbagai macam cara dilakukan pemerintah daerah dalam mengendalikan perekonomian di wilayahnya.  Sejumlah pemerintah daerah memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi.

Salah satunya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mengendalikan inflasi dengan program Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi Generasi (SiHaTi).

"Aplikasi ini dijalankan melalui aplikasi berbasis Android. Bahkan sekarang sudah generasi ketiga," kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan wartawan daerah Bank Indonesia, Jakarta, Senin, 20 November 2017.

SiHaTi dimanfaatkan untuk mengetahui kenaikan harga bahan pokok. Selain itu juga bisa menjadi tempat diskusi atau pertemuan virtual yang selanjutnya melakukan eksekusi aksi.

"Jika harga kebutuhan naik, maka akan muncul peringatan. Kepala daerah kemudian bisa berdiskusi untuk mengambil keputusan yang tepat dan cepat," kata Ganjar.

Selain itu, SiHaTi mempunyai  fungsi menyediakan data produksi pertanian yang bisa digunakan para petani atau peternak mencatat informasi produksi, meliputi jumlah, perkiraan panen, harga jual serta apa saja masalah yang dihadapi.

Bagi pemerintah daerah, SiHaTi bisa digunakan untuk memantau perkembangan data riil dan perkiraan produksi (pasokan) petani atau peternak di daerah sentra secara waktu nyata (real time). Tentunya ini mendukung pengambilan keputusan terkait ketahanan pangan.

Sementara bagi produsen, SiHaTi bisa sebagai kerangka acuan menentukan rencana tanam. Pengaturan pola tanam akan meminimalkan haha jatuh saat panen raya dan meminimalkan lonjakan harga ketika terjadi kelangkaan produksi.

"Saya berharap, aplikasi SiHaTi, bisa mengelola ekspektasi positif di masyarakat, karena ada transparansi harga dan pasokan," pungkasnya.
 


(SUR)