Gas Elpiji 3 Kilogram Langka di DIY

Patricia Vicka    •    Senin, 11 Sep 2017 19:35 WIB
elpiji 3 kg
Gas Elpiji 3 Kilogram Langka di DIY
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah warga di DIY mengaku kesulitan memperoleh elpiji 3 kilogram. Gas melon ini mendadak sulit ditemukan di warung pengecer, minimarket, dan SPBU di DIY.

Rahma, warga Kalasan, Sleman, DIY, mengatakan, baru bisa mendapatkan elpiji setelah berkeliling lebih dari tiga warung. "Saya muter-muter ke tiga warung, minimarket, dan SPBU, tapi tidak dapat-dapat. Akhirnya, ke pangkalan terdekat baru dapat," kata dia, Senin 11 September 2017.

Senada, Bambang Nugroho curhat di grup Facebook Info Cegatan Jogja betapa sulitnya mendapatkan elpiji 3 kilogram. Kalaupun ada, harganya lebih mahal dari harge eceran tertinggi (HET).

"Mohon perhatian pihak berwenang, sudah 10 hari terakhir ini gas 3 kilogram di wilayah Bangunjiwo, Kasihan, dan sekitarnya sulit didapat. Harga di pengecer bisa mencapai Rp25 ribu (maaf saya pengecer/warung kecil, kasihan banyak calon pembeli yang susah ke sana kemari sementara stok kosong. Saya sendiri juga kesulitan)," tulisnya.

Siti, pengecer gas elpiji di Nganglik, Sleman, menjelakan, jumlah tabung gas yang diantar ke tempatnya terus berkurang. Jika dulu sekali datang, warung kecilnya bisa mendapat 20-40 tabung. Kini, ia hanya diberi 20 tabung.

"Lalu, pengantaran berikutnya lama. Lebih dari tiga minggu," jelas Siti.

Siti mengaku tidak tahu alasan Pertamina mengurangi jumlah elpiji 3 kilogram. Namun, beredar kabar jika pengurangan ini terjadi untuk memacu warga membeli gas elpinji 5 kilogram yang berwarna pink.

Area Manager Communication Relation JBT dan DIY Andar Titi Lestari membantah, telah terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram. Pihaknya sudah berkomitmen penuh dalam hal pendistribusian sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah.

"Kami harap masyarakat tidak melakukan panic buying terkait isu yang beredar mengenai kelangkaan LPG. Pertamina selalu mengevaluasi kebutuhan real pengunaan elpiji 3 kilogram. Apabila dirasa kurang, Pertamina akan mensuplai elpiji 3 kilogram secukupnya sesuai kebutuhan di wilayah tersebut," jelasnya.


(NIN)