BI Surakarta Kampanye GPN

Pythag Kurniati    •    Minggu, 19 Aug 2018 11:16 WIB
gerbang pembayaran nasional
BI Surakarta Kampanye GPN
Peluncuran GPN di Kota Solo, Jateng.

Solo: Masyarakat Kota Solo dan sekitarnya kini bisa menukarkan kartu debitnya dengan kartu baru berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Penukaran dapat mulai dilakukan besok, 20 Agustus 2018.

Sedangkan peluncuran program penukaran kartu telah dimulai hari ini, Minggu, 19 Agustus 2018. Peluncuran di car free day kawasan Ngarsopuro ini sekaligus sebagai sosialisasi tentang GPN.

"Setelah ini dilanjutkan kampanye penukaran kartu debit berlogo GPN pada 20-27 Agustus 2018 di kantor pemerintah hingga kampus-kampus," kata Kepala KPw BI Surakarta, Bandoe Widiarto, usai acara sosialisasi, Minggu, 19 Agustus 2018.

Bandoe menjelaskan, masyarakat bisa langsung menukarkan kartu dengan syarat membawa KTP dan kartu debitnya. Penukaran juga dilayani di 56 kantor cabang dari 12 bank di Solo dan sekitarnya.

Dengan kartu debit berlambang garuda itu, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam bertransaksi. "Tidak perlu mencari mesin ATM bank yang sama, semua sudah terkoneksi," ujarnya.

Baca: BI Sebut 2 Manfaat Tukarkan Kartu ATM Berlogo GPN

Bagi pengusaha, hadirnya GPN ini juga dinilai akan lebih efisien dalam penggunaan mesin Electronic Data Capture (EDC). Pengusaha cukup memiliki satu mesin EDC untuk menerima pembayaran.

"Sekarang kan biasanya di toko itu punya mesin EDC banyak. Dengan GPN ini cukup satu, jadi bisa mengurangi biaya operasional," katanya.

Dalam penukaran selama sepekan, perbankan akan menyiapkan 3.000 kartu debit GPN. Namun di luar itu, masing-masing perbankan juga melayani penukaran di kantor.

"Di luar kampanye ini, kami juga menyiapkan 2.000 kartu untuk melayani masyarakat. Silakan datang ke kantor cabang kami," kata salah satu peserta kampanye GPN, Manajer Area Bank Syariah Mandiri Solo, Zulfikar.

Acara sosialisasi dimulai dengan kirab dari rumah dinas wali kota Loji Gandrung. Di barisan paling depan terdapat burung garuda yang merupakan logo dari GPN.

Di barisan selanjutnya ialah rombongan dari pegawai perbankan di Solo dan sekitarnya. Mereka tampak membawa spanduk bertuliskan GPN dan replika kartu debit GPN berukuran besar.

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, mengatakan kartu GPN merupakan wujud kehadiran negara dalam melayani masyarakat. Selain itu, kartu GPN diharapkan dapat meningkatkan transaksi nontunai.

"Masyarakat menjadi semakin mudah karena satu kartu bisa dipakai di mana-mana," katanya.



(ALB)