Sultan Minta Listrik Mengalir ke Pantai Gunungkidul

Patricia Vicka    •    Jumat, 18 Nov 2016 17:15 WIB
pariwisata daerah
Sultan Minta Listrik Mengalir ke Pantai Gunungkidul
Sri Sultan Hamengku Buwono X berbicara di acara Pengembangan Pariwisata Gunungkidul di Royal Ambarukmo Yogyakarta, Jumat (18/11/2016). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Bupati Gunungkidul, Badingah mendapat tantangan dari Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dia diminta mengalirkan listrik ke kawasan Pantai Selatan.

"Kalau serius mau mengembangkan, Bu Badingah bikin surat ke saya untuk menarik kabel PLN dari utara ke selatan," tegas Sri Sultan HB X dalam acara Pengembangan Pariwisata Gunungkidul di Royal Ambarukmo Yogyakarta, Jumat (18/11/2016).

Menurut raja Yogyakarta ini, tanpa ada listrik, kegiatan pariwisata di Gunungkidul sulit dikembangkan. Ia mencontohkan saat ini wisatawan sulit beraktivitas malam hari di destinasi wisata Gunung Kidul karena gelap dan minim penerangan.

"Gimana (pariwisata) mau berkembang kalau jam enam sore sudah gelap enggak ada lampu? Maka secepatnya tarik kabel PLN mendekati pantai biar ada aktivitas ekonomi di sana," tegasnya.

Selain itu, Sultan merasa pengembangan wisata di Gunungkidul lambat. Investor merasa kesulitan mengembangkan destinasi wisata karena minimnya listrik.

Ia yakin jika ada listrik, investor akan mudah menarik wisatawan. Ujungnya, waktu tinggal wisatawan bertambah lama.

Bupati Gunung Kidul Badingah menjelaskan ia terkendala dengan minimnya anggaran APBD untuk menyediakan listrik. Namun, ia menyanggupi instruksi gubernur.


(SAN)