Stabil Tinggi, Cabai Rawit Merah di Yogya Hanya Turun Rp10 ribu

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 09 Mar 2017 15:10 WIB
harga cabai
Stabil Tinggi, Cabai Rawit Merah di Yogya Hanya Turun Rp10 ribu
Pedagang cabai di Pasar Kranggan, Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Harga komoditas cabai di Yogyakarta masih stabil tinggi, salah satunya cabai rawit merah. Meski ada penurunan di tingkat pedagang pengecer, harga cabai rawit merah masih di atas Rp100 ribu per kilogram. 

Andre Irawan, 40, pedagang di Pasar Kranggan Yogyakarta, mengatakan harga cabai rawit mulai turun pada Kamis, 9 Maret 2017. Harga cabai rawit saat ini, kata Andre, sebesar Rp115 ribu hingga Rp120/kg. 

Menurut lelaki asal Magelang, Jawa Tengah ini, harga cabai rawit pada sepekan belakang sebesar Rp130 ribu/kg. "(Harga cabai rawit) hari ini mulai turun Rp10 ribu," kata Andre di Pasar Kranggan. 

Andre menyatakan lebih banyak kulakan cabai dari Muntilan, Magelang. Meski demikian, ia mengaku juga pernah mengambil cabai dari daerah lain. "Tapi kualitas barang (cabai) yang bagus biasanya dari Muntilan," kata lelaki yang berjualan kebutuhan pokok sejak 2010 ini. 

Darmiyati, 53, juga pedagang di Pasar Kranggan, menyampaikan hal serupa. Ia menjual harga cabai sekitar Rp130 ribu/kg. Menurutnya, harga tersebut sudah turun karena dua minggu lalu harga cabai hampir mencapai Rp150 ribu/kg.

"Kalau seminggu lalu harga cabai rawit Rp140 ribu," kata warga Godean, Sleman ini. 

Selama berjualan kebutuhan pokok sejak 12 tahun lalu, menurut Darmiyati, harga cabai saat ini mencapai harga paling tinggi. Sebab, kata dia, di beberapa tahun sebelumnya harga cabai rawit merah tak mencapai Rp100 ribu/kg. 

Di Pasar Kranggan, sejumlah harga cabai, selain cabai rawit merah, jauh di bawah Rp100 ribu. Misalnya, cabai lalap (Rp50 ribu/kilogram), cabai rawit biasa (Rp40 ribu/kilogram), cabai keriting merah (Rp35 ribu/kilogram), cabai teropong (Rp35 ribu/kilogram). Harga-harga tersebut tak mengalami penurunan signifikan.

Di Pasar Induk Buah dan Sayur-sayuran Giwangan Yogyakarta, harga cabai juga mengalami penurunan. Seorang pedagang Pasar Giwangan, Akir, 65, mengatakan cabai rawit merah untuk harga grosir sudah Rp100 ribu/kg. 

"Mulai hari ini harganya sudah turun. Minggu lalu masih Rp120 ribu/kg," ujar lelaki asal Klaten, Jawa Tengah ini. 

Menurut Akir, cabai hasil petani Yogyakarta maupun luar, tidak cukup berpengaruh dalam hal penjualan. Pembeli, kata dia, lebih condong mencari cabai yang harganya lebih miring. 

"Pembeli lebih melihat harganya. Kalau dari mananya (asal kulakan cabai) tidak pernah ditanya," ujarnya. 


(SAN)