Pemkab Brebes Akan Tempatkan UMKM di Rest Area

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 27 Dec 2018 10:37 WIB
umkm
Pemkab Brebes Akan Tempatkan UMKM di Rest Area
Bangunan bekas pabrik gula dirombak menjadi rest area tol Trans-Jawa di Brebes, Medcom.id - Kuntoro Tayubi

Brebes: Bangunan bekas pabrik gula Banjaratma menjadi tempat beristirahat atau rest area tol Trans-Jawa yang melintasi wilayah Brebes, Jawa Tengah. Pemerintah pun menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berkontribusi di lokasi tersebut.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan pelaku UMKM dapat menjual produk masing-masing di rest area tersebut. Bukan hanya Brebes, UMKM asal Tegal dan Slawi pun dapat memasarkan produknya di rest area.

"Rest area dibangun dan dikelola BUMN. Soal UMKM menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Jateng. Tapi, karena lokasinya ada di Brebes, saya akan meminta jatah lebih banyak untuk Brebes," ujar Idza di Pendopo Kabupaten Brebes, Kamis, 27 Desember 2018.

Nantinya, kata Idza, rest area berdiri di lahan seluas 11 hektare. Bangunannya berada di Kecamatan Bulamba dan ditargetkan rampung pada Januari 2019. Sebanyak 70 stand UMKM disiapkan.

Pertengahan 2018, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau UMKM di rest area Penarukan Tegal, Jawa Tengah. Dalam kegiatan itu, Rini mengatakan BUMN berperan memaksimalkan pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan tol.

Satu di antaranya memberdayakan UMKM di rest area. Cara itu dinilai sebagai upaya merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Saya ingin pembangunan dan keberadaan jalan tol tidak hanya sebatas menghubungkan jalan dari satu daerah ke daerah lain. Tapi bagaimana dengan adanya jalan tol ini, ekonomi masyarakat sekitar menjadi semakin meningkat dan memberikan kesejahteraan bagi mereka. Sehingga multiplier effect dari pembangunan infrastruktur itu jelas dan nyata," kata Rini.


(RRN)