DPRD Kota Yogyakarta Turun Tangan Tertibkan Menara Telekomunikasi

Patricia Vicka    •    Kamis, 22 Sep 2016 14:38 WIB
menara telekomunikasi
DPRD Kota Yogyakarta Turun Tangan Tertibkan Menara Telekomunikasi
Deretan menara telekomunikasi -- ANT/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta turun tangan menertibkan menara telekomunikasi yang semakin menjamur. Dewan menilai, Pemda DIY terkesan lamban dan tutup mata pada keberadaan menara telekomunikasi liar.

"Kami sudah dorong pemkot untuk menertibkan. Tapi, di sini dan di kabupaten sepertinya adem ayem saja. Dewan DIY, Pemkab, dan Pemda apa berani? Kalau tidak, saran saya panggil pihak ketiga untuk merubuhkannya," kata Ketua DPRD Kota Yogyakarta Sujarnako di Yogyakarta, Kamis (22/9/2016).

Menurut Sujarnako, menjamurnya menara telekomunikasi perlu mendapat perhatian dari Pemda DIY. Pemda DIY diharapakan tegas dan berani menindak agar menimbulkan efek jera bagi perusahaan yang mendirikan menara telekomunikasi ilegal.

Saat ini, kata Sujarnako, pihaknya sedang menginventarisir perusahaan yang memasang menara telekomunikasi. Sehingga, diketahui jumlah pasti dan kelengkapan dokumen yang dimiliki.

"Sepengetahuan saya, bukan hanya satu perusahaan yang memasang. Tapi banyak dan letaknya tidak hanya di Kota Yogyakarta saja," ujar Sujarnako

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Rony Primantohari mengatakan, Pemda DIY tidak mempunyai kewenangan untuk mengatur pendirian menara telekomunikasi. Sejak 2015, wewenang pendirian menara telekomunikasi diserahkan pada Kota dan Kabupaten.

Namun, Rony menegaskan, bahwa pendirian menara telekomunikasi tetap harus mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemkot atau Pemda. "Di IMB kan jelas diatur persyaratan pendiriannya, seperti di mana saja letaknya, ketinggiannya berapa, dan harus ada izin dari kanan kiri. Jika tidak sesuai aturan bisa dicabut," pungkasnya.


(NIN)