THR ASN Solo Selambatnya Cair Besok

Pythag Kurniati    •    Kamis, 07 Jun 2018 13:27 WIB
pnstunjangan hari raya
THR ASN Solo Selambatnya Cair Besok
Ilustrasi. Medcom.id/Farhan Dwitama

Solo: Pemerintah Kota Surakarta menganggarkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tambahan Penghasilan (Tamsil) bagi ASN Pemkot Surakarta dalam APBD. THR dan tamsil ASN paling lambat cair besok.

"Maksimal akan diberikan Jumat, 8 Juni 2018," kata Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta Yosca, Kamis, 7 Juni 2018.

Sebab mulai Sabtu, 9 Juni 2018, ASN sudah memasuki masa libur panjang Lebaran. BPPKAD Surakarta memastikan THR dicairkan sebelum libur Lebaran.

Selain THR, ASN di Solo juga akan menerima gaji ke-13. Besaran alokasi THR dan gaji ke-13 bagi seluruh ASN di Solo mencapai Rp55,9 miliar.

"Sedangkan untuk Tamsil, besarannya Rp10,8 miliar," imbuhnya.

Khusus Tamsil, lanjut Yocsa, diberikan sesuai dengan kinerja. Sehingga masing-masing ASN mendapatkan tamsil dengan jumlah berbeda-beda. Berkisar antara Rp1 juta hingga Rp8 juta.

Meski THR ASN dari APBD sempat menuai kontroversi di beberapa daerah, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo memastikan seluruh ASN di Solo akan menerima hak tersebut.

Rudy, demikian ia biasa disapa, mengemukakan Pemkot Surakarta memang telah lama menganggarkan THR dan gaji ke-13 bagi ASN menggunakan APBD.

"Anggaran kita sudah mencukupi. Jadi memang bisa menggunakan APBD," terang dia.

Seperti diketahui, aturan pemberian THR dan gaji ke-13 bagi ASN di daerah bersumber dari APBD. Aturan tersebut termaktub dalam Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Gubernur Nomor 903/3386/SJ tertanggal 30 Mei 2018 serta Surat Mendagri kepada Bupati/Wali Kota No. 903/3387/SJ tertanggal 30 Mei 2018.


(SUR)