Tren Positif, Target Wisata Banyumas Naik jadi Rp8,5 Miliar

   •    Selasa, 22 Nov 2016 11:37 WIB
pariwisata daerah
Tren Positif, Target Wisata Banyumas Naik jadi Rp8,5 Miliar
Pawai Budaya di Purwokerto, Banyumas, Jateng. (Ant/Idhad Zakaria)

Metrotvnews.com, Purwokerto: Pendapatan Asli Daerah tahun 2016 Kabupaten Banyumas dari sektor pariwisata telah mencapai Rp7,68 miliar atau 96 persen dari Rp8 miliar yang ditargetkan.

Tren positif itu membuat daerah beribukota di Purwokerto itu ingin menaikkan target PAD sektor pariwisata menjadi Rp8,5 miliar tahun depan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Kebudayaan, dan Pariwisata Banyumas Muntorichin optimistis dengan capaian target itu. Apalagi kinerja tahun ini cukup memuaskan. Hingga akhir tahun, target Rp8 miliar kemungkinan besar bakal tercapai.

"Apalagi pada Desember ada liburan sekolah yang berbarengan dengan liburan akhir tahun," kata Muntorichin, seperti dikutip Antara, di Purwokerto, Selasa (22/11/2016).

Pihaknya akan terus berupaya meningkatkan lama tinggal wisatawan di Banyumas yang hingga saat sekarang rata-rata masih satu hari satu malam. "Bisa menjadi dua malam, itu sudah bagus," katanya.

Terkait dengan kegiatan akhir tahun, Muntorichin mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa agenda kegiatan di lima lokasi, khususnya pada malam pergantian tahun.

Dia mengatakan lima lokasi itu terdiri atas Lokawisata Baturraden, Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Alun-Alun Purwokerto, dan Alun-alun Banyumas.

"Jenis hiburannya macam-macam, ada dangdut, band, dan sebagainya. Susi 'Bintang Pantura 3' yang asli Banyumas juga kita undang," katanya.


(SAN)