Semen Indonesia di Rembang Bisa Lanjut Asal Sempurnakan Dokumen

Deo Dwi Fajar Hari    •    Selasa, 17 Jan 2017 09:38 WIB
semen indonesia
Semen Indonesia di Rembang Bisa Lanjut Asal Sempurnakan Dokumen
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (pakai ikat kepala) memberikan keterangan pers soal pencabutan izin lingkungan PT Semen Indonesia. (Metrotvnews.com/Deo)

Metrotvnews.com, Semarang: Izin lingkungan PT Semen Indonesia yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah akhirnya dicabut. Kepastian itu diumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam konferensi Pers di Wisma Perdamaian, Semarang, Senin (16/01/2017) malam.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 660.1/30 tahun 2017, tertanggal 16 Januari 2017 Tentang Pencabutan Gubernur Nomor 660.1/30 Tahun 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasiian Pabrik Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Sembilan Srikandi Kendeng Temui Ganjar Tolak Pabrik Semen

Poin pertama SK tersebut berbunyi, "Menyatakan batal dan tidak berlaku, Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 660.1/17 tahun 2012 tangal 7 Juni 2012 sebagaimana telah diubah oleh Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 660.1/30 Tahun 2016 tanggal 9 November 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku Semen dan Pembangunan Serta Pengoperasian Pabrik Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah."
 
SK pencabutan itu, kata Ganjar, adalah pembuktian bahwa dirinya telah memenuhi putusan MA. Yakni mengharuskan untuk mencabut izin lingkungan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah. "Perintahnya suruh dicabut, ya, saya cabut. Ini bukti saya mematuhi putusan MA”. Tegasnya.
 
Berdasarkan putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung (MA), pada poin kedua Gubenur Jateng memerintahkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, untuk dapat menyempurnakan kembali dokumen adendum Amdal dan RKL-RPL.
 
Anggota tim Dr. Dwi P. Sasongko dari Undip mengatakan dalam pertimbangan Majelis Hakim Peninjauan Kembali, dokumen Amdal sebagai salah satu persyaratan penerbitan keputusan gubernur cacat prosedur.

Dalam hal itu, terdapat beberapa hal yang tidak diakomodir dalam dokumen tersebut. Seperti solusi konkret terhadap beberapa masalah kebutuhan warga, serta khususnya terkait pembatasan dan tata cara penambangan batu gamping pada kawasan Cekungan Air Tanah.

Yang patut digarisbawahi adalah amar putusan PK hanya membatalkan izin lingkungan penambangan pabrik semen. Izin lingkungan dapat dilaksanakan, apabila PT Semen Indonesia telah memenuhi persyaratan yang belum dipenuhi.
 
Selain itu, Komisi Penilai Amdal Provinsi Jateng melakukan proses penilaian dokumen adendum Amdal dan RKL-RPL, yang saat ini sedang berlangsung untuk memenuhi Putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2016 tanggal 5 Oktober 2016.

Pendukung dan Penolak Pabrik Semen Rembang Bertemu di Semarang

Menurut Ganjar, keputusan tersebut diambil berdasarkan masukan Tim Pengkaji Putusan MA. Anggota Tim, berasal dari Pemprov Jateng dan para pakar hukum dari Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Sultan Agung. Ganjar juga menyampaikan bahwa sekarang bola ada pada PT Semen Indonesia.
 
"Mau terus atau tidak, sekarang tergantung PT SI. Kalau terus, ya, harus memperbaiki dokumennya dahulu," ungkapnya.
 
Melalui keputusan Gubernur Jawa Tengah tersebut, pembangunan pabrik semen di Rembang tertunda hingga syarat-syarat yang belum terpenuhi telah diselesaikan. Tidak hanya itu, sosialisasi baik terhadap warga pro maupun kontra pada pabrik semen, juga dihentikan.


(SAN)