Jumlah Penumpang di Bandara dan Stasiun Yogya Meningkat

Patricia Vicka    •    Senin, 27 Mar 2017 19:09 WIB
hari raya nyepi
Jumlah Penumpang di Bandara dan Stasiun Yogya Meningkat
Suasana Bandara Adisutjipto Yogyakarta saat akhir pekan. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebanyak 16 penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar tidak beroperasi selama Hari Raya Nyepi. Bandara I Gusti Ngurah Rai akan ditutup 24 jam mulai Selasa 28 Maret 2017 sejak pukul 06.00 Wita.

Kepala Komunikasi dan Legal Section PT Angkasa Pura 1, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Liza Anindya mengatakan 16 penerbangan itu dari empat maskapai. Yakni, Garuda Indonesia, Lion Air dan AirAsia dan NamAir. 

"Garuda ada enam penerbangan, Lion dan AirAsia masing-masing empat penerbangan dan NamAir dua penerbangan," kata Liza melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin, 27 Maret 2017.

Seturut dengan itu, masyarakat memanfaatkan momen libur Nyepi untuk berwisata ke Yogyakarta. Terbukti dari meningkatnya jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto akhir pekan kemarin, mencapai 21 ribu per hari. 

"Padahal rata-rata jumlah penumpang akhir pekan hanya berkisar 18 ribu-20 ribu per hari. Kami tidak menyediakan pesawat tambahan," katanya.

Peningkatan kunjungan wisatawan juga tampak pada sejumlah stasiun di Yogyakarta. Kepala Humas KAI Daop VI Eko Budiyanto mengatakan peningkatan kunjungan wisatawan sudah tampak pada kereta jarak jauh sejak akhir pekan lalu. 

"Akhir pekan lalu tingkat okupansi KA jarak jauh mencapai 85-90 persen. Biasanya pada weekend normal, okupansi 70-80 persen," tutupnya.


(SAN)