Satgas Pangan Solo Berharap Harga Terjangkau saat Ramadan

Pythag Kurniati    •    Rabu, 10 May 2017 18:58 WIB
jelang ramadan
Satgas Pangan Solo Berharap Harga Terjangkau saat Ramadan
Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifa'i meminta keterangan pada pedagang di Pasar Legi Solo, Rabu, 10 Mei 2017. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Satgas Pangan di Kota Solo, Jawa Tengah mengawali operasi ke pasar tradisional. Satgas yang terdiri dari beberapa anggota Polresta Solo tersebut mulai blusukan ke Pasar Legi Solo, Rabu, 10 Mei 2017.

Dari pantauan satgas, harga bawang putih masih tinggi. Salah seorang pedagang, Sumiyatun mengaku menjual bawang putih seharga Rp56 ribu per kilogram.

"Tingginya harga juga pengaruh ke pembeli. Pembelinya menurun 20 persen," kata dia saat dijumpai di Pasar Legi Solo.

Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifai mengungkapkan, pedagang mengaku tidak tahu menahu penyebab tingginya harga bawang putih. "Mereka bilang, dapat harga dari distributor di Surabaya sudah tinggi," papar dia.

Baca: Harga Kebutuhan di Yogya dan Jateng Merangkak Naik

Rata-rata harga bawang putih di atas Rp50 ribu tersebut akan ditindaklanjuti dengan pengecekan ke pedagang besar dan gudang-gudang penyimpanan. "Harapannya saat Ramadan tiba harga sudah terjangkau," kata Andy.

Selain bawang putih, harga cabai rawit merah juga masih melambung. "Di kisaran Rp55 ribu-60 ribu," imbuhnya. Sedangkan harga komoditas lainnya terpantau stabil.

Hasil pantauan ini akan disinkronkan dengan beberapa dinas terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan serta Dinas Perindustrian. Polresta Solo juga bakal berkoordinasi dengan wilayah lain dan memantau jalur keluar masuk barang.

Pengecekan ke pasar tradisional dilakukan untuk memberi kepastian mengenai ketersediaan stok, kemungkinan penyimpangan, penimbunan serta keterjangkauan harga. "Pengecekan yang sudah kami awali ini akan terus dilakukan hingga Idul Fitri," jelas Andy.


(SAN)