UGM Bangun Science Technopark untuk Produksi Alat Kesehatan

Patricia Vicka    •    Selasa, 20 Sep 2016 19:11 WIB
kesehatan
UGM Bangun Science Technopark untuk Produksi Alat Kesehatan
Rektor UGM Dwikorita Karnawati (kiri) di sela acara UGM Expo 2016 di Kampus, UGM, Yogyakarta, Selasa (20/9/2016). Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) segera membangun Science Technopark di Wates, Kulon Progo dan Minomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengembangan Science Technopark dilakukan untuk menciptakan dan mengembangkan alat-alat kesehatan yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat.

Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan pembangunan Science Technopark dilakukan bertahap mulai dari daerah Minomartani Sleman pada 2017 dan ditargetkan selesai 2018. Dilanjutkan pembangunan di Wates Kulonprogo pada 2018. 

Di dalam Science Tehnopark akan dibangun pula pendidikan vokasi yang mampu membuat alat-alat kesehatan sekaligus membantu tenaga medis dan kesehatan.

"Science Technopark ini nantinya akan memproduksi berbagai alat kesehatan dalam skala besar, dapat mencukupi fakultas kedokteran dan rumah sakit seluruh Indonesia," kata Dwi Korita, usai membuka UGM Expo 2016, di Graha Sabha Pramana (GSP) UGM, Selasa (20/9/2016).

Dia berharap Science Technopark bisa membantu praktisi kesehatan dan pengelola kesehatan menghemat biaya pembelian alat-alat kesehatan. Sebab, selama ini sebagian besar alat-alat kesehatan diimpor dengan harga mahal.

Pembangunan UGM Science Technopark bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo serta pihak ketiga. Kulon Progo dipilih sebagai tempat pembangunan agar mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

"Kulon Progo itu daerah termiskin di DIY. Diharapkan keberadaan technopark ini bisa membuka lapangan kerja baru," katanya.


(UWA)