Kiriman Uang TKI ke Jepara Meningkat

Rhobi Shani    •    Jumat, 02 Jun 2017 13:42 WIB
tki
Kiriman Uang TKI ke Jepara Meningkat
Petugas menata paket kiriman barang. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Kantor Pos Jepara mencatat peningkatan kiriman uang dari luar negeri pada pekan pertama Ramadan. Selain dari negara-negara tujuan TKI, kiriman uang juga banyak dari negara tujuan ekspor mebel.
 
Kepala Kantor Pos Jepara, Jawa Tengah, Elan Pramudiansyah menyampaikan, tren peningkatan kiriman uang dari luar negeri mencapai 10 persen. Kiriman tersebut berasal dari negara seperti Arab, Malaysia, Singapura, hingga Eropa.
 
“Sejak awal puasa kiriman uang dari luar negeri yang melalui kami meningkat. Dari negara-negara tujuan TKI dan negara tujuan ekspor untuk pelunasan pembayaran bisnis mebel,” ujar Elan, Jumat, 2 Juni 2017.
 
Menurutnya, hal itu dipengaruhi oleh beberapa alasan. Untuk kiriman uang dari negara kantong TKI uang yang dikirim dimungkinkan untuk konsumsi selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.
 
Sedangkan, kiriman dari negara tujuan ekspor untuk melunasi bisnis mebel. Karena nantinya pada hari raya, kiriman furnitur dari Jepara libur.
 
“Data transaksi kiriman uang dalam sebulan mencapai 1.100 transaksi,” ungkap Elan.
 
Tak hanya kiriman uang dari luar negeri yang meningkat, Elan menambahkan, pengiriman paket barang ke luar Jepara mulai terlihat peningkatan sejak pekan lalu. Rerata kiriman didominasi usaha mikro kecil menengah (UMKM).  
 
“Kalau pengiriman paket peningkatannya sekitar 15 persen,” pungkas Elan. 


(SAN)