Hujan Lambungkan Harga Cabai di Jepara

Rhobi Shani    •    Kamis, 13 Oct 2016 15:42 WIB
harga cabai
Hujan Lambungkan Harga Cabai di Jepara
Ilustrasi. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jepara: Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Jawa Tengah melambungkan harga kebutuhan pokok, terutama cabai, di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara, Florentina, menyampaikan kenaikan harga cabai murni karena perubahan musim. Namun, dia menilai kenaikan harga masih terjangkau daya beli masyarakat.

"Harga BBM tidak naik, harga pupuk juga tidak naik. Jadi, kenaikan harga saat ini masih wajar," ujar Florentina, Kamis (13/10/2016).

Florentina membeberkan saat ini harga cabai yang mengalami kenaikan hanya cabai rawit hijau. Dari Rp16 ribu per kilogram menjadi Rp18 ribu per kilogram. Sementara harga cabai merah besar masih stabil Rp40 ribu per kilogram.

Namun, fakta di pasar, harga cabai jauh lebih mahal. Nur Hidayah, pedangan kebutuhan pokok di Pasar Jepara Satu, menyampaikan sejak sepekan terakhir harga cabai merah besar mencapai Rp55 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga cabai merah besar Rp35 ribu per kilogram.

"Harga naik karena petani tidak bisa panen karena hujan. Saya sendiri tidak berani beli banyak-banyak, takutnya kalau tidak laku cabainya busuk," kata Nur.

Nur menambahkan, jenis cabai yang paling mahal saat ini yaitu cabai buah yang per kilogramnya mencapai Rp60 ribu. Sedangkan, harga cabai rawit per kilogram Rp40 ribu.

 


(UWA)