Cuaca Buruk, Tangkapan Nelayan Jepara justru Meningkat

Rhobi Shani    •    Rabu, 05 Oct 2016 15:17 WIB
nelayan
Cuaca Buruk, Tangkapan Nelayan Jepara justru Meningkat
Foto ilustrasi. (Ant/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Jepara: Kondisi cuaca di perairan Jepara, Jawa Tengah mulai tak menentu. Meski angin kencang dan gelombang tinggi kerap melanda, tangkapan nelayan justru meningkat.
 
Ketua Himpinan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Jepara Sudiyatno menyampaikan, hasil tangkapan ikan nelayan meningkat 12 persen. Pada Agustus, tangkapan ikan nelayan Jepara hanya 250 ton. Hasil melonjak jadi 280 ton ikan pada bulan berikutnya.
 
“Cuacanya memang tak menentu, tapi nelayan mencari celah saat cuaca baik. Kalau pas cuaca bagus berangkat, tapi kalau muncul angin dan gelombang, ya, tidak melaut,” ujar Sudiyatno, Rabu (5/10/2016).
 
Hasil tangkapan, kata dia, didominasi ikan tongkol. Ikan ini kerap muncul di pergantian musim.

Meski hasil tangkapan naik, Sudiyanto bilang, banyak nelayan tidak melaut karena cuaca buruk. Dia telah meminta Pemkab Jepara memberikan keterampilan tambahan agar nelayan bisa bekerja di sektor lain saat tak bisa melaut.
 
“Selama ini sudah ada, tapi masih terbatas pelatihan keterampilan mesin,” imbuh Sudiyatno.
 
Selain membekali nelayan dengan keterampilan, saat musim angin dan gelombang, pemerintah diminta untuk mengucurkan bantuan pangan. Terutama beras. Serta, memberikan pelatihan keterampilan kerja bagi para istri nelayan.
 
“Kalau untuk ibu-ibu, biasanya pelatihan pengolahan ikan,” pungkas Sudiyatno.
(SAN)