Pelayaran ke Karimunjawa Diperketat

Rhobi Shani    •    Senin, 09 Jul 2018 16:32 WIB
kapal motor
Pelayaran ke Karimunjawa Diperketat
Antrean penumpang di Pelabuhan Kartini, Jepara

Jepara: Puluhan wisatawan tujuan Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, gagal menyeberang, Senin, 9 Juli 2018.  Akibatnya terjadi penumpukan penumpang di pelabuhan penyebrangan Kartini lantaran tak mendapat tiket kapal.

Kepala UPP Syahbandar Jepara Tri Jotho memperketat angkutan kapal penumpang maupun barang untuk mengantisipasi kecelakaan laut. Keselamatan penumpang, kata Tri, jadi prioritas utama. 

“Jumlah maksimal penumpang KMP Siginjai 320 orang termasuk awak kapal, namun tidak boleh melebih garis batas air di lambung kapal,” tandas Tri.

Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto menambahkan, antrean penumpang kapal di pelabuhan kartini sejak Kamis malam, 5 Juli 2018 melonjak. Namun, tidak semua calon penumpang dapat terangkut hari ini.

“Kami tetap membatasi penumpang dan mengutamakan keselamatan. Calon penumpang yang tidak terangkut hari ini kami sarankan berangkat besok,” kata Suroto.

Puluhan wisatawan asing hari ini, Senin, 9 Juli 2018, gagal menyeberang ke kepulauan Karimunjawa. Sebelumnya, puluhan wisatawan lokal juga urung berangkat lantaran tak mendapat tiket kapal.

Jannet, wisatawan asal Jerman, mengaku kecewa tak bisa menyeberang ke wilayah terluar Kabupaten Jepara. Dia antre di depan loket KMP Siginjai sejak pukul 05.00 WIB. Namun, tiket habis sebelum dia dapatkan. Di loket KMC Express Bahari, dia kembali tak mendapatkan tiket lantaran sudah habis.

“Sangat kecewa karena sudah antre dari pagi tapi tidak dapat tiket. Terpaksa kami harus kembali hotel dan mencari tiket lagi besok pagi. Kami berharap besok diusahakan dapat tiket dan berwisata ke Karimunjawa,” ujar Jannet ditemui di Pelabuhan Kartini.

Penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa dilayani dua kapal. Yaitu KMP Siginjai yang berkapasitas 301 penumpang dan KMC Express Bahari yang berkapasitas 351 dan 400 penumpang.

Kepala Kantor Cabang Jepara PT Sakti Inti Makmur, operator KMC Expres Bahari, Sugeng Riyadi menyampaikan, sejak libur lebaran lalu jumlah penumpang terus melonjak. Tiket penyebrangan ke Karimunjawa sudah habis terjual sebelum lebaran.

“Jumlah penumpang memang melonjak. Beberapa hari ini tiket habis terjual. Seluruh kapasitas sudah penuh. Kalau tidak pesan terlebih dahulu tidak dapat tiket,” terang Sugeng.

Menurutnya jumlah total kapasitas kapal 351penumpang dan tidak ada tambahan penumpang lagi. Jika ketahuan melebihi kapasitas maka syahbandar tidak akan mengizinkan kapal berlayar.

“Syahbandar memang sangat ketat terhadap kapasitas kapal. Jika kelebihan penumpang maka kapal tidak akan berangkat,” kata Sugeng.

(ALB)