Nelayan Bantul Didorong Manfaatkan Kapal Ikan Besar

Antara    •    Rabu, 29 Mar 2017 08:56 WIB
nelayan
Nelayan Bantul Didorong Manfaatkan Kapal Ikan Besar
Nelayan bergotong-royong menepikan perahu seusai melaut di Pantai Depok, Bantul, DI Yogyakarta -- ANT/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Bantul: Nelayan di pantai selatan didorong untuk memanfaatkan kapal ikan besar bantuan pusat saat cuaca ekstrem. Dari pada nelayan tidak melaut saat cuaca ekstrem karena kapal tempel yang mereka miliki tidak bisa menahan terjangan ombak besar.

"Kami sebetulnya sudah punya beberapa kapal besar. Jadi, kalau dengan cuaca buruk seperti ini, semestinya pakai kapal yang besar itu," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Yogyakarta, Rabu, 29 Maret 2017.

Pulung mengatakan, pemanfaatkan kapal ikan besar hanya sementara saat terjadi gelombang tinggi. "Kalau pakai kapal besar tetap bisa melaut walaupun hasilnya tidak maksimal. Kalau misalnya nelayan sanggup, bisa ikut organisasinya karena kapal besar itu untuk nelayan Bantul," katanya.

Menurut Pulung, ada dua kapal ikan besar yang telah dihibahkan pemerintah ke kelompok nelayan atau koperasi nelayan Bantul. Kapal-kapal tersebut saat ini hanya ditambatkan di Pelabuhan Sadeng, Gunung Kidul.

"Karena Bantul tidak punya pelabuhan di pantai selatan. Tetapi itu punya masyarakat Bantul yang bisa dipakai bareng-bareng. Ada koperasinya juga," katanya.

Nelayan Bantul yang ikut menangkap ikan dengan kapal besar, lanjut Pulung, jumlahnya masih sedikit, hanya 15 nelayan. Sisanya, justru nelayan dari daerah lain atau Gunung Kidul.

"Kalau yang dari Gunung Kidul itu yang sudah ahli-ahli. Jadi, untuk nelayan Bantul masih perlu dilatih agar bisa ikut kapal ikan," katanya.


(NIN)