Solo Tarik Pajak Horeka secara Daring

Pythag Kurniati    •    Rabu, 21 Dec 2016 16:24 WIB
pajak
Solo Tarik Pajak Horeka secara Daring
Wali Kota Solo meluncurkan e-Horeka di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/12/2016).

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo mulai mengimplementasikan penarikan pajak daerah dengan sistem daring. Pada tahap awal, 10 hotel, restoran dan kafe (horeka) akan membayar pajak dengan sistem ini.
 
Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo meluncurkan langsung sistem e-Horeka di Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu, 21 Desember. Peluncuran e-Horeka menggandeng Bank Jateng.
 
Implementasi penarikan pajak horeka secara daring ini dapat membatasi petugas pajak bersinggungan dengan wajib pajak. Tak hanya itu, penyimpangan keuangan dapat diminimalisasi lantaran laporan tidak dibuat secara manual.
 
“Pemerintah juga dapat memantau dampak calendar event terhadap okupansi, ada evaluasi. Sehingga membuat anggaran dan event pun ada dasarnya,” ungkap Rudy.
 
Sistem ini memungkinkan wali kota dan pemangku kepentingan mengakses data pajak daerah dari sektor horeka secara cepat serta akurat. Rudy menargetkan seluruh pajak daerah dipungut melalui sistem daring.
 
Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng Rahadi Wijayanto mengemukakan tahap pertama, Bank Jateng menyediakan 10 unit alat tapping box. “Tahap ini kami berikan gratis kepada Pemkot. Selanjutnya, Pemkot akan mengembangkan pengadaan alat dengan APBD,” urainya.
 
Alat senilai kurang lebih Rp10 juta ini dilengkapi aplikasi pencatatan transaksi. “Berapa jumlahnya langsung tercatat dan dapat diakses secara daring,” kata dia.
 
Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Yulistyanto menerangkan penerapan sistem pajak daerah daring diharapkan mampu mendorong tercapainya target pajak daerah tahun depan. “Tahun 2017 penerimaan pajak daerah ditargetkan naik 11 persen,” tutup dia.


(SAN)