Tekan Harga, Bulog DIY Sebar 6 Ton Bawang Putih

Patricia Vicka    •    Jumat, 16 Jun 2017 17:06 WIB
bawang
Tekan Harga, Bulog DIY Sebar 6 Ton Bawang Putih
Ilustrasi. (Ant/Jessica Hellena Wusyang)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Harga bawang putih di Daerah Istimewa Yogyakarta menyentuh Rp70 ribu per kilogram. Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional DIY akan menggelar operasi pasar untuk menekan harga.

Bulog sudah menyiapkan enam ton bawang putih jenis Sin Chung siap jual. Harapannya, bisa menekan harga bawang putih jening Kating yang semakin meroket.

"Kemarin sore sudah datang pasokan bawang putih Sin Chung lima ton dari Surabaya. Total di gudang kami sekarang ada enam ton," ujar Kepala Bulog Divre DIY, Miftahul Ulum, di Yogyakarta, Jumat, 16 Juni 2017.

Bawang putih ini akan dijual seharga Rp30 ribu per kilogram untuk konsumen, sementara ke pedagang Rp28 ribu/kg. Ia memastikan dari segi kualitas dan aroma, bawang putih jenis Sin Chung tak kalah bagus dibandingkan Kating.

"Orang tertarik beli Kating karena terlihat bagus, enggak bongkolan seperti Sin Chung. Tapi kalau dari segi rasa, sama saja enaknya," tegas Miftahul.

Bulog akan menggandeng Disperindag, Dinas Pertanian serta lembaga lainnya untuk menggelar operasi pasar. Selain bawang putih, operasi pasar juga menjual minyak goreng, gula, beras, dan telur.

Tak seperti tahun lalu, operasi pasar kali ini dengan cara menitipkan sembako murah ke 551 Rumah Pangan Kita (RPK) dan Kios Segoro Amarto yang berada di pasar. "Kami tidak gelar tenda sendiri," katanya.

Kasie Pengadaan dan Penyaluran Disperindag DIY, Guntur Wahyu Anggoro mengatakan Disperindag akan melakukan operasi pasar di tiga pasar pekan depan. Yakni, di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan dan Pasar Demangan.


(SAN)