Pemda DIY Diminta Sambungkan Listrik ke 125 Ribu KK

Patricia Vicka    •    Rabu, 18 Apr 2018 15:04 WIB
pln
Pemda DIY Diminta Sambungkan Listrik ke 125 Ribu KK
Menteri ESDM Ignasius Jonan. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta menambah jumlah saluran listrik ke masyarakat. Masih 125 ribu rumah tangga di DIY belum tersentuh aliran listrik.

Jonan menyarankan Pemprov DIY menghemat 2 persen pengeluaran dalam APBD biaya penyambungan listrik, pembangunan infrastruktur, serta sumber kelistrikan di wilayah DIY.

"APBD DIY Rp5 Triliun. Pasti bisa selesai itu (masalah kelistrikan)," ujar Jonan saat memberi materi dalam pengendalian daerah Triwulan 1 Pemprov DIY 2018 di Yogyakarta, Rabu, 18 April 2018.

Jonan yakin seluruh warga DIY bisa menikmati listrik dalam waktu satu tahun ke depan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) DI Yogyakarta Taviv Agus Rayanto menyebut saran Menteri Jonan sangat mungkin dilakukan. Pihaknya segera berkordinasi dengan instansi dan dinas untuk menentukan bidang yang bisa dihemat.

"Kita coba kordinasi untuk cermati anggaran-anggaran yang ada. Mana yang bisa dihemat untuk disalurkan (listrik) ke masyarakat,"kata Taviv.

Pemprov DIY akan berkordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mendata pelanggan yang belum tersentuh listrik. Pemerintah daerah kemudian akan menyusun langkah bersama PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi.


(SUR)