Pemkab Bantul Dorong Penerapan Teknologi Pertanian

Antara    •    Rabu, 24 Oct 2018 16:10 WIB
pertanian
Pemkab Bantul Dorong Penerapan Teknologi Pertanian
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Bantul: Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (PPKP) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), petani memanfaatkan teknologi pertanian. Hasil produksi dapat meningkat jika teknologi dipakai dengan baik.

"Kita punya lahan sempit. Kalau mau ekstensifikasi ke mana juga tidak memungkinkan. Satu-satunya untuk meningkatkan produksi persatuan luas adalah teknologi," kata Kepala Dinas PPKP Kabupaten Bantul, Pulung Haryadi di Bantul, Rabu, 24 Oktober 2018.

Upaya pemerintah daerah dalam mendorong penerapan teknologi pertanian salah satunya lewat pameran teknologi dan inovasi pertanian. Misalnya pameran dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 belum lama ini.

"Kami tidak memamerkan penjualan produk pertanian, tapi bagaimana teknologi yang sudah kami terapkan di Bantul adalah teknologi yang mampu meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian, perikanan juga hortikultura," katanya.

Pulung menilai penerapa teknologi dan inovasi di Bantul belum maksimal. Padahal, inovasi dan teknologi pertanian terus berkembang.

"Pertama, perlu terus kami kenalkan karena inovasi teknologi itu tidak boleh berhenti," katanya.

Salah satunya penggunaan burung hantu dalam pemberantasan pengendalian hama terpadu. Selain itu ada mesin pertanian seperti alat tanam, atau alat pemanen, yang dapat mengurangi biaya produksi.

"Teknologi-teknologi seperti itu yang diharapkan dan diupayakan ke depan di Bantul agar setidaknya bisa meminimalkan biaya produksi," katanya.

Bantul melibatkan ahli bidang pertanian dalam penelitian atau inovasi yang perlu dilakukan petani. Di antaranya perguruan tinggi dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).


(SUR)