Hiswana Migas DIY Jamin Elpiji Tidak Langka

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 16 Jun 2017 16:39 WIB
stok elpiji
Hiswana Migas DIY Jamin Elpiji Tidak Langka
Foto ilustrasi. (Ant/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Daerah Istimewa Yogyakarta bakal menyiapkan satuan tugas (satgas) untuk memastikan tidak terjadi kelangkaan gas.  

Ketua Hiswana Migas DIY, Siswanto mengatakan pasokan gas dalam kondisi normal di hari biasa di DIY sebanyak 104.000 tabung. Menurut dia, jumlah itu bisa ditambah andai permintaan meningkat. 

"Penambahan kuota gas melihat situasi dan kondisi di lapangan. Kita akan memastikan kebutuhan gas saat Lebaran bisa tercukupi," kata Siswanto saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat, 16 Juni 2017. 

Hiswana Migas, kata Siswanto, akan membentuk Satgas yang bersiaga di tiap kabupaten/kota. Satgas tersebut siaga mulai H-7 sampai H+7 lebaran. 

Ia menyebut, setiap agen juga diminta menetapkan lima pangkalan yang menjadi lokasi siaga Satgas di tiap kabupaten/kota. "Agen di Yogyakarta ada 50, setidaknya ada sekitar 250 lokasi siaga untuk Satgas," ujarnya. 

Ia menambahkan, pemerintah daerah juga bisa ikut memantau jika terjadi kekurangan pasokan gas. Dengan pantauan itu, pemerintah setempat bisa ikut mengajukan tambahan pasokan. 

"Sebagai operator, kami (Hiswana Migas) tentu tak bisa bekerja sendiri. Pemerintah juga bisa terlibat dan mengajukan penambahan pasokan jika terjadi kekurangan," jelasnya.


(SAN)