Harga Bawang Putih di Jepara Turun

Rhobi Shani    •    Selasa, 09 May 2017 17:15 WIB
bawang
Harga Bawang Putih di Jepara Turun
Pedagang mengupas bawang putih -- ANT/Angga Budihyanto

Metrotvnews.com, Jepara: Harga bawang putih berangsur turun setelah sempat meroket hingga Rp65 ribu per kilogram. Harga bawang putih di pasar tradisional di Jepara, Jawa Tengah, saat ini Rp55 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga bawang putih pekan lalu naik karena banyaknya permintaan dari masyarakat, sedangkan stok barang menipis. Namun, tidak sampai mengalami kelangkaan. Saat ini, stok ada dan mencukupi, sehingga harganya turun," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara Slamet Riyanto, Selasa 9 Mei 2017.

Menjelang Ramadan, lanjut Slamet, pihaknya akan membentuk tim pemantau harga. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga yang terlalu tinggi.

"Nanti akan dikoordinir dari bagian perekonomian terkait harga. Anggota tim berasal dari Dinas Perdagangan, polisi, dan pamong praja. Mereka bertugas memantau harga di pasar," beber Slamet.

Menurut Slamet, pihaknya juga mewaspadai adanya tengkulak nakal. Bidang Perdagangan membuka pintu laporan lebar-lebar jika ada kenaikan harga yang terlalu tinggi.

"Silakan melaporkan ke Bidang Perdagangan atau ke polres jika menemukan harga yang dinilai tidak wajar. Nanti kami dari tim akan melakukan koordinasi," pungkas Slamet.


(NIN)