129 Ribu UMKM di Jateng II Belum Ikut Amnesti Pajak

Pythag Kurniati    •    Kamis, 17 Nov 2016 12:33 WIB
tax amnesty
129 Ribu UMKM di Jateng II Belum Ikut Amnesti Pajak
Kakanwil DJP Jateng II Lusiani bercakap-cakap dengan pedagang di BTC.

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 129 ribu wajib pajak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kantor Dirjen Pajak Kanwil Jawa Tengah II belum memanfaatkan program amnesti pajak. Data tersebut mengemuka dari evaluasi program amnesti pajak periode pertama yang berakhir pada September 2016.
 
Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II Lusiani mengatakan capaian penerimaan pajak periode I di DJP Jateng II mencapai Rp1,32 triliun. “Dari jumlah itu, pelaku UMKM menyumbang Rp 410,6 miliar,” ungkapnya saat ditemui dalam sosialisasi Tax Amnesty di pusat belanja Benteng Trade Centre (BTC) Solo, Kamis (17/11/2016).

Baca: Tunggak Pajak Rp43 M, Pengusaha Gaek Asal Solo Disandera
 
Ia menerangkan total wajib pajak UMKM yang terdaftar di wilayah DJP Jateng II sebanyak 132.999 wajib pajak. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 3 ribu wajib pajak pelaku UMKM yang memanfaatkan pengampunan pajak di periode pertama.
 
“Maka kami harapkan, periode II ini pelaku UMKM akan menggunakan kesempatan memanfaatkan program amnesti pajak,” imbuh dia. Untuk menggaungkan ajakan tersebut, DJP Jateng II melakukan sosialisasi ke sejumlah titik lokasi UMKM.

Baca: DJP Jateng II Siap Melayani Amnesti Pajak Hingga Tengah Malam

Berbeda dengan wajib pajak orang pribadi dan badan, Lusiani mengatakan, UMKM hanya dikenai tarif tebusan 0,5 persen sampai 2 persen sesuai jumlah harta yang dideklarasikan.


(SAN)