Wali Kota Solo Berharap Presiden Resmikan Pasar Klewer

Pythag Kurniati    •    Rabu, 05 Apr 2017 17:09 WIB
pasar klewer bangkit
Wali Kota Solo Berharap Presiden Resmikan Pasar Klewer
Wajah baru Pasar Klewer, Kota Solo, Jateng. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo berencana meresmikan Pasar Klewer pada pertengahan bulan ini. Presiden Joko Widodo diharapkan meresmikan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah itu.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, bilang, jika presiden yang meresmikan, masyarakat luar Solo juga akan ikut berbondong-bondong mendatangi Pasar Klewer. “Sebisa mungkin, kami minta presiden yang meresmikan," tutur dia, Rabu, 5 April 2017.

Pemilik sapaan Rudy itu mengungkapkan, kehadiran orang nomor satu di Indonesia sangat berpengaruh untuk Pasar Klewer. Lebih-lebih Pasar Klewer yang terbakar pada 2014 lalu mendapat kucuran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kami jadwalkan Pasar Klewer dibuka pertama kali tepat pada 21 April 2017. Rencananya, diresmikan oleh Presiden Jokowi,” tutur Rudy optimistis.

Pembangunan Pasar Klewer menelan dana hingga Rp157,8 miliar. Rinciannya, tahap pertama Kementerian Perdagangan menganggarkan Rp61,8 miliar pada 2015. Sedangkan tahap kedua, Kemendag mengucurkan Rp96 miliar.

“Banyak dibantu presiden, maka seharusnya yang meresmikan adalah presiden,” kata dia.

Tujuh hari sebelum diresmikan akan digunakan untuk pemindahan pedagang serta pembagian kunci kios. “Sekitar H-7 dari tanggal peresmian akan kita manfaatkan untuk persiapan, boyongan pedagang dan membagikan kunci,” lanjut dia.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo mengungkapkan, Pasar Klewer yang terdiri dari 1.532 kios itu 100 persen siap ditempati. “Sambil menunggu tanggal peresmian, kami akan menata pedagang masuk ke Pasar Klewer,” ujarnya.


(SAN)