Pertamina Pasok BBM ke Karimunjawa

Rhobi Shani    •    Minggu, 09 Apr 2017 11:03 WIB
stok bbm
Pertamina Pasok BBM ke Karimunjawa
Pengiriman BBM ke Karimunjawa dari Dermaga Kartini Jepara. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Pasca-terbakarnya kapal pengangkut bahan bakar minyak KM Jasa Laut, PT Pertamina kembali mengirimkan pasokan ke Karimunjawa pagi ini, Minggu 9 April 2017. Semula, Pertamina berencana melakukan pengiriman kemarin, namun terkendala cuaca buruk. 

Manajer Humas Pertamina Area Jawa bagian Tengah dan DIY, Andar Titi Lestari menyampaikan, pengiriman BBM kemarin terpaksa ditunda lantaran UPP Syahbandar Jepara tak mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Sedianya PT Pertamina  akan mengirimkan 8 KL Pertalite dan 8 KL Bio Solar. Pengiriman baru bisa dilakukan hari ini.

“Kami sudah siap dengan kapal yang telah dilakukan inspeksi standar keamanan dan keselamatan pengiriman bahan bakar,” ujar Andar, Minggu 9 April 2017.

Total BBM yang akan di kirim ke Karimunjawa sebanyak 72 KL (7.000 liter). Pengiriman dilakukan secara bertahap. Pengiriman pertama yang direncanakan hari ini sebanyak 16 KL.

“Karena demi keamanan dan keselamatan pengiriman BBM kami tunda hingga cuaca membaik,” kata Andar.

Jika pada pengiriman pertama lancar, Pertamina akan kembali memasok kebutuhan BBM tiga hari ke depan. Kapal untuk pengiriman tahap kedua sudah disiapkan. Pihaknya mengimbau masyarakat Karimunjawa untuk bijak menggunakan bahan bakar.

“Harapkan kami masyarakat tidak melakukan panic buying, karena Pertamina selalu mengupayakan pengiriman BBM ke Karimunjawa,” imbau Andar.

Pasca terbakarnya kapal motor Jasa Laut di Pelabuhan Jepara yang mengakut BBM, ditambahkan Andar, PT Pertamina lebih hati-hati memilih kapal. Aspek keamanan menjadi faktor pertimbangan utama.

“Kami tidak mungkin mengirimkan BBM jika kapal yang membawa (BBM) tidak lulus dalam inspeksi standar keamanan dan keselamatan pengiriman,” tandas Andar. 

Terpisah, Kepala UPP Syahbandar Jepara Suripto menambahkan, pengiriman BBM ke Karimunjawa pagi ini menggunakan KM Berkah Illahi 3A. Kapal dengan kapasitas 19 grosstonase (GT) itu dinahkodai Moh Tohir.

"Pengiriman dari Dermaga Kartini dikawal sejumlah pihak, termasuk dari kepolisian," ujar Suripto.


(SAN)