Koperasi Syariah 212 Miliki 15 Ribu Anggota

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 19 Feb 2017 12:04 WIB
koperasi
Koperasi Syariah 212 Miliki 15 Ribu Anggota
Silaturahim 212 di Sekretariat Masjid Kauman Yogyakarta -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Koperasi Syariah 212 yang diinisiasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) telah memiliki 15 ribu anggota. Koperasi ini baru sebulan berjalan, tepatnya diluncurkan pada Jumat, 6 Januari 2017, di Bogor, Jawa Barat.

Ketua Dewan Pengawas Koperasi Syariah 212 Anggito Abimanyu mengatakan, anggotanya paling banyak berasal dari Yogyakarta. Ada sekitar 3 ribu anggota koperasi dari Yogyakarta.

"Jogja menjadi yang paling aktif dalam merekrut anggota. DIY menjadi terbanyak yang sudah mendaftar," kata Anggito dalam acara Silaturahim 212 di Sekretariat Masjid Kauman Yogyakarta, Sabtu, 18 Febaruari 2017.

Anggito menjelaskan, Koperasi Syariah 212 dikelola secara resmi dan profesional. Koperasi sudah memiliki badan hukum, sesuai dengan UU hukum bisnis yang berlaku, serta mengadakan rapat tahunan.

Syratnya mudah jika ingin bergabung menjadi anggota Koperasi Syariah 212. Selain mendaftar secara administratif, calon anggota cukup membayar iuran pokok Rp212 ribu, iuan wajib Rp120 ribu, serta iuran sukarela yang tak ditentukan jumlahnya.

Menurut Anggito, pendaftaran anggota dilakukan di setiap momen dakwah yang dilakukan di sejumlah daerah. "Target kita, setahun (koperasi) bisa memiliki 1 juta anggota secara nasional. Atau minimal setara dengan peserta aksi di Monas, yaitu 7,4 juta anggota," kata dia.

Anggito mengakui, sistem koperasi belum sempurna. Namun, Koperasi Syariah 212 tak hanya sebatas berjalan dalam masalah permodalan atau simpan pinjam terhadap anggota. Nantinya, kegiatan koperasi melebar ke sektor ekonomi yang lain.


(NIN)