Pemkot Surakarta Waspadai Peredaran Telur Palsu dan Sarden Bercacing

Pythag Kurniati    •    Selasa, 27 Mar 2018 14:43 WIB
pangan
Pemkot Surakarta Waspadai Peredaran Telur Palsu dan Sarden Bercacing
Tim gabungan melakukan sidak telur palsu dan sarden bercacing di pasar tradisional di Kota Solo, Selasa, 27 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Tim gabungan pemerintahan Kota Surakarta inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional. Tim gabungan terdiri dari Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, tim saber pangan Polresta Surakarta dan Satpol PP.

Sidak dilakukan ke lima pasar besar tradisional, yakni Pasar Gede, Pasar Legi, Pasar Nusukan, Pasar Jongke, dan Pasar Hardjodaksino. Pasar-pasar itu dipilih lantaran merupakan pasar distributor.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagiyo mengemukakan sidak dilakukan untuk menindaklanjuti isu-isu pangan yang beredar.

"Antara lain mengenai telur palsu dan sarden bercacing," kata Subagiyo, Selasa, 27 Maret 2018.

(Baca: BPOM Kepri Tarik Tiga Produk Sarden Diduga Mengandung Cacing)

Tim gabungan tidak menemukan adanya telur palsu maupun sarden mengandung cacing. Tim justru menemukan dan menyita sejumlah barang dagangan yang sudah kedaluwarsa.

Menanggapi isu telur palsu dan sarden yang mengandung cacing, Subagiyo meminta masyarakat untuk tidak resah. Tim gabungan, lanjutnya, akan selalu memastikan Kota Solo nihil pangan berbahaya dan tak layak.

"Pemerintah akan selalu melakukan tindakan nyata di lapangan, seperti sidak kali ini,” tandas dia.

Pedagang diminta bekerja sama dengan pemerintah kota dan kepolisian. Pedagang juga diimbau memeriksa barang dagangannya secara rutin dan segera melapor jika ada temuan.

(Baca: Kementan sebut Info Telur Palsu Hoaks)


(SUR)