Pertamina Klaim Siapkan 5 Juta Elpiji 3 Kg ke Eks Karesidenan Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 15 Jun 2017 16:41 WIB
elpiji 3 kg
Pertamina Klaim Siapkan 5 Juta Elpiji 3 Kg ke Eks Karesidenan Pekalongan
Karyawan agen elpiji menata tabung untuk didstribusikan ke pangkalan, di Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Pertamina mengklaim punya persediaan 5.320.160 tabung elpiji 3 Kg yang siap disalurkan ke agen dan pangkalan se-eks Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah. Jumlah tersebut bertambah sekitar 7 persen dibanding konsumsi normal sekitar 4,9 juta tabung per bulan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir,” ujar Sales Eksekutif Elpiji Pertamina Rayon 3, Sulistya Adhi, kepada Metrotvnews.com, di Brebes, Kamis, 15 Juni 2017.
 
Untuk antisipasi distribusi saat arus mudik, Pertamina membentuk agen siaga dan pangkalan siaga. Tujuannya, agar warga tidak kesulitan suplai tabung menjelang Lebaran.
 
“Misalnya di suatu tempat pada H-4 hingga puncak arus mudik kondisi jalur macet, maka akan ada kendala suplai. Khususnya di daerah yang rawan macet, di sini nanti agen dan pangkalan siaga berperan,” katanya.
 
Setiap minggu, ada enam agen yang bertugas sebagai agen siaga. Semua agen akan mendapatkan jadwal sebagai agen siaga dari Pertamina Tegal. Jadwal sudah mulai aktif sejak awal Mei 2017.
 
“Namun tensinya akan meningkat di H-4 hingga hari H lebaran dan menghadapi arus balik,” ujar Adhi.
 
Titik penempatan agen dan pangkalan siaga di Brebes terbagai dalam empat kluster. Di antaranya, Brebes Kota, Brebes Tengah I (Ketanggungan-Songgom), Brebes Tengah II (Tanjung-Kersana), dan Brebes Selatan (Tonjong-Bumiayu-Salem).
(SAN)