13 Bank Layani Penukaran Uang Bersama di Solo

Pythag Kurniati    •    Selasa, 05 Jun 2018 12:45 WIB
Ramadan 2018
13 Bank Layani Penukaran Uang Bersama di Solo
Penukaran uang bersama dengan mobil kas keliling perbankan di Benteng Vastenburg Kota Solo, Jawa Tengah. Medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Sebanyak 13 perbankan, Pegadaian, dan Bank Indonesia melayani penukaran uang pecahan kecil bersama. Penukaran bersama yang menggunakan mobil kas keliling perbankan tersebut digelar di Benteng Vastenburg, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Dibuka mulai hari ini (Selasa, 5 Juni 2018) hingga tiga hari ke depan, sampai Kamis, 7 Juni 2018," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Bandoe Widiarto saat dijumpai dalam pembukaan penukaran bersama, Selasa, 5 Juni 2018.

Penukaran uang bersama di Benteng Vastenburg, Bank Indonesia membatasi maksimal 1.025 penukar setiap harinya. Alokasi uang pecahan yang disiapkan untuk ditukar sekitar Rp4,4 miliar per hari.

Pantauan di lapangan, ratusan masyarakat mulai mengantre pada belasan mobil kas keliling perbankan. Sejumlah petugas TNI Polri tampak berjaga-jaga di lokasi penukaran bersama.

Para penukar uang harus melalui serangkaian tahapan sebelum menukarkan uang pecahan. Masyarakat akan diminta menunjukkan e-KTP. Selanjutnya bagi yang telah menukarkan uang, tangan mereka akan ditandai dengan tinta berwarna.

"Tujuannya agar tidak menukar uang berulang-ulang. Untuk pemerataan," kata dia.

Penukaran uang bersama ini merupakan inisiatif yang dilakukan di Kota Solo. BI bersama perbankan dan pegadaian menggelar kegiatan ini agar masyarakat tidak melakukan penukaran uang liar di pinggir jalan.

Bank Indonesia menyiapkan Rp5 triliun untuk kebutuhan uang pada masa lebaran di eks Karisidenan Surakarta. Bandoe mengemukakan, hingga saat ini dari jumlah tersebut telah terserap 50 persen.

"Sudah terserap separuhnya atau Rp2,5 triliun," beber dia.

BI mencatat, realisasi penukaran uang pecahan kecil yang paling diminati masyarakat adalah pecahan Rp5 ribuan. Menurut data BI, 3.000 lembar pecahan Rp5 ribuan telah ditukar dan diserap oleh masyarakat hingga saat ini.

Selain melakukan kegiatan penukaran bersama, penukaran uang pecahan juga dilayani di 111 titik kantor perbankan, Pegadaian, BPR, dan BPRS di Kota Solo. Tak hanya itu, penukaran jemput bola juga dilakukan di kantor pemerintah daerah serta tempat keramaian seperti pasar dan terminal.

 


(SUR)