Lima Investor Jajaki Jateng Park Bernilai Rp2 Triliun

Budi Arista Romadhoni    •    Senin, 30 Apr 2018 17:12 WIB
investasi
Lima Investor Jajaki Jateng Park Bernilai Rp2 Triliun
Suasana di depan Kantor Pemprov Jateng di Semarang, Senin 30 April 2018, Medcom.id - Budi Arista

Semarang: Lima investor dari dalam maupun luar negeri menjajaki pengelolaan proyek Jateng Park di Hutan Penggaron, Desa Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Nilai investasi pembangunan Jateng Park mencapai Rp2 triliun.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Prambudi, mengatakan pembahasan proyek sudah mengarah ke pemilihan calon investor. Nantinya, Pemprov akan menilai investor yang layak mengelola Jateng Park.

"Pembicaraan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Pemprov Jateng sudah dalam taraf pemilihan investor. Mudah-mudah sudah klik karena masyarakat kita sangat berharap punya kawasan edupark seperti taman safari," kata Prambudi di Semarang, Senin 30 April 2018. 

Prambudi mengungkapkan, lokasi Jateng Park di Hutan Penggaron kini juga sudah ditawarkan kepada investor. Rancangan masterplan pun sudah rampung. 

Prambudi mengungkapkan total luasan lahan Hutan Penggaron mencapai 500 hektar. Lahannya bersisian dengan aset milik Perum Perhutani. Namun, ia memperkirakan kebutuhan lahan untuk Jateng Park mencapai 50 hektar. Penggunaan lahan tersebut nantinya akan dinilai oleh tim KLHK.

"Termasuk kendala-kendala yang harus dibicarakan secara detail dengan KLHK, Kementerian BUMN dan Perhutani. Kerjasama seperti apa, nantinya akan dikembangkan bertahap," jelasnya.


(RRN)