Hiswana Yogya Pastikan Pasokan Elpiji Subsidi Aman

Antara    •    Selasa, 16 May 2017 10:53 WIB
stok elpiji
Hiswana Yogya Pastikan Pasokan Elpiji Subsidi Aman
Elpiji bersubsidi. (Ant/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Daerah Istimewa Yogyakarta Siswanto memastikan stok elpiji bersubsidi selama Ramadan hingga Lebaran di daerah itu aman.

"Selama ini pasokan elpiji di DIY aman dan siap ditambah ketika permintaan meningkat," kata Siswanto di Yogyakarta, Selasa, 16 Mei 2017.

Menurut Siswanto, untuk memastikan ketersediaan elpiji di setiap pangkalan atau agen, PT Pertamina bersama Hiswana Migas DIY akan membuat posko satgas. Satgas akan ditempatkan di lima kabupaten dan kota.

"Petugas yang berjaga akan memastikan ketersediaan elpiji di daerah setempat aman atau tidak ada potensi kelangkaan," kata dia.

Menghadapi tingginya permintaan selama Ramadan hingga Lebaran, seluruh agen elpiji yang ada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah DIY juga diminta beroperasi selama 24 jam.

Menurut dia, saat ini stok elpiji di DIY mencukupi. Meski demikian mulai Juni 2017 pasokan elpiji akan ditingkatkan lima hingga enam persen dari pasokan normal 104.000 tabung per hari.

"Tambahan lima hingga enam persen saya kira cukup untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat," kata dia.

Ketua Bidang Elpiji Hiswana Migas DIY Iwan Setiawan berharap masyarakat langsung membeli elpiji di pangkalan terdekat. Selain untuk menjamin kualitas, masyarakat juga akan mendapatkan kepastian harga sesuai HET.

Untuk menghindari potensi kelangkaan dan lonjakan harga jauh di atas HET Hiswana DIY bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY akan meningkatkan pengawasan pendistribusian pasokan di lapangan.

"Pengawasan harga sudah masuk ranah Disperindag DIY dan kabupaten/kota," kata dia.


(SAN)