Petani Didorong Kembangkan Budi Daya Jahe Merah

Antara    •    Minggu, 21 May 2017 19:05 WIB
pertanian
Petani Didorong Kembangkan Budi Daya Jahe Merah
Seorang petani menujukkan jehe merah -- ANT/Budi Candra Setya

Metrotvnews.com, Pemalang: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi bersama Komisi VII DPR terus mendorong petani mengembangkan budi daya jahe merah karena potensi pasarnya cukup besar.

Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo mengatakan, jahe merah adalah salah satu komoditas unggulan tanaman obat dengan potensi pasar yang cukup tinggi, baik pasar dalam negeri maupun ekspor.

"Dengan karakteristik kandungan senyawa dan klaim manfaat yang telah terbukti secara empirik dan ilmiah, jahe merah telah digunakan sebagai salah satu bahan baku utama beberapa jenis produk obat tradisional dan suplemen kesehatan lainnya," kata Agung di Pemalang, Jawa Tengah, Minggu 21 Mei 2017.

Agung menjelaskan, permintaan jahe merah terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan tren peningkatan industri herbal dan konsumsinya. "Akan tetapi, permintaan pasar yang relatif cukup besar ini belum diimbangi dengan kemampuan produksi petani untuk menghasilkan jahe merah dalam jumlah yang mencukupi," katanya.

Menurut Agung, kendala yang teridentifikasi dalam pengembangan jahe merah adalah ketersediaan bibit berkualitas yang sulit didapatkan oleh para petani. "Untuk mengatasi masalah tersebut, kami dengan dukungan anggota Komisi VII DPR Ramson Siagian melakukan pelatihan aplikasi teknologi memperbanyak bibit jahe merah secara 'ex vitro'," terangnya.

Agung berharap, melalui teknologi `ex vitro`, petani bisa mendapatkan bibit jahe merah dengan kualitas lebih bagus, harga lebih murah, teknik perbanyakan sederhana dan lebih cepat, serta dapat melakukan secara mandiri. Keunggulan lainnya, pembibitan jahe merah secara `ex vitro` tidak memerlukan lagi rimpang hasil panen sebagai benih atau dengan kata lain seluruh rimpang hasil panen dapat dijual tanpa harus menyisakan untuk digunakan sebagai bibit.

"Oleh karena, kami berharap para petani bisa memperluas pengembangan budi daya jahe merah sebagai upaya memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat," katanya.


(NIN)