Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Klewer Diganjar Paket Sembako Murah

Pythag Kurniati    •    Jumat, 16 Jun 2017 17:36 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Klewer Diganjar Paket Sembako Murah
Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Klewer diganjar paket sembako murah -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Berbagai cara dilakukan untuk menggenjot kesadaran pedagang Pasar Klewer untuk mendaftarkan diri dan karyawan sebagai anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Salah satu caranya adalah memberikan apresiasi berupa paket sembako murah bagi pedagang yang sudah mengantongi BPJS Ketenagakerjaan.

"Penyerahan paket sembako ini merupakan wujud apresiasi kami pada pedagang yang telah sadar dan mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surakarta Suwilwan Rachmad di Lantai 2 Pasar Klewer, Solo, Jateng, Jumat 16 Juni 2017.

Paket sembako yang dibagikan berisi 8 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram gula, 1 kilogram tepung terigu, 200 gram margarin, sirup, dan susu. Paket senilai Rp150 ribu itu bisa didapatkan pedagang yang sudah menajdi anggota BPJS Ketenagakerjaan dengan membayar Rp75 ribu saja.

"Langkah ini diharapkan dapat mengingatkan dan menggenjot kesadaran masyarakat pada pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi pedagang pasar. Mereka wajib mengikuti dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Itu untuk kepentingan mereka sendiri," ujar Suwilwan.

Dua program tersebut, lanjut Suwilwan, dapat diikuti pedagang dengan membayar Rp8.300 per bulan per karyawan. "Meski jumlah iuran untuk sektor mikro lebih kecil, namun manfaatnya sama dengan skala usaha besar dan menengah," tuturnya.

Menurut Suwilwan, saat ini baru 996 pedagang dan karyawan di Pasar Klewer terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Berdasarkan data Dinas Perdagangan Solo, jumlah tersebut baru 30 persen dari seluruh pedagang dan karyawan yang bekerja di Pasar Klewer.

"Kami terus lakukan upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Untuk pedagang pasar di Solo, kami juga menggandeng Pemerintah Kota Surakarta," pungkasnya.

(Baca: Baru 30% Pedagang dan Karyawan Pasar Klewer Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan)


(NIN)