Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara Masuk Tahap III

Patricia Vicka    •    Kamis, 10 Nov 2016 17:19 WIB
bandara
Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara Masuk Tahap III
Manager proyek bandara kulonprogo Angkasa Pura 1 Sujiastono (kiri). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pembayaran ganti rugi warga terdampak Bandara Kulon Progo tahap kedua dijadwalkan selesai hari ini, Kamis 10 November. PT Angkasa Pura 1 bersiap melakukan pembayaran tahap ketiga. 

Manajer Proyek Pembangunan Bandara Kulon Progo dari PT Angkasa Pura 1 Sujiastono menjelaskan pembayaran tahap ketiga diprioritaskan untuk mengganti fasilitas umum, fasilitas sosial warga, dan instansi pemerintahan yang tergusur dengan kehadiran New Yogyakarta International Airport (NYIA) itu.

Baca: Kebut Bandara Kulon Progo, Dirut AP 1 Temui Sultan

"Juga untuk warga yang belum selesai dan lengkap administrasi di tahap pertama dan kedua. Selain itu juga untuk para penggarap lahan," ujar Suji di kantor Kepatihan Yogyakarta, Kamis (10/11/2016).

Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan proses tahap ketiga akan dimulai. AP 1 akan menggelar rapat bersama Badan Pertanahan Nasional wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo esok hari untuk menentukan waktu pelaksanaan.

Baca: Warga Penolak Bandara Tak Diundang Saat Konsultasi Studi Amdal

Ia menjelaskan proses pemberian ganti rugi tahap kedua berlangsung sejak Senin-Kamis (7-10/11/2016). Dia mengklaim telah membayar lebih dari 57 persen uang ganti rugi pada warga terdampak. Total uang ganti rugi tahap 1 dan 2 sebesar Rp2,6 miliar.


(SAN)