Pemprov DKI Siap Bangun Gudang di Yogyakarta & Jateng

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 03 Mar 2017 15:36 WIB
inflasi
Pemprov DKI Siap Bangun Gudang di Yogyakarta & Jateng
Wakil Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Sleman: Pemerintah DKI Jakarta akan membangun gudang di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudang ini disiapkan untuk menampung kebutuhan pokok.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, mengatakan gudang itu didesain bisa menampung logistik yang tahan hingga 6 bulan. Menurutnya, rencana itu segera direalisasikan untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok di Jakarta. 

"Masak inflasi Jakarta tinggi gara-gara gak bisa mengendalikan harga cabai? Gara-gara bumbu-bumbuan," kata Djarot, usai bertemu mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, di kediamannya di kawasan Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis malam 2 Maret 2017. 

Guna merealisasikan itu, Djarot mengaku, sudah merencanakan sejumlah kerja sama, yakni menggandeng petani Kulon Progo untuk memesok beras ke Jakarta. Lalu, bekerja sama dengan petani Brebres, Jawa Tengah, untuk menyediakan bawang merah. 

"Kita bikin gudang gede. Nanti panen raya (dari petani) kita beli. Untuk stabilisasi harga agar tidak jatuh," kata Djarot. 

Ia memperkirakan realisasi pembangunan gudang tidak akan lama. Menurutnya, itu bisa ditopang dengan dana APBD DKI Jakarta yang mencapai Rp70 triliun. 

"Realisasikan langsung (pembangunan gudang). Segera. Bangun 6 bulan selesai, asalkan tidak dikorupsi," kata dia. 



(UWA)