85 Kantor Perbankan Ditunjuk Jadi Tempat Penukaran Uang Pecahan Kecil

Pythag Kurniati    •    Selasa, 30 May 2017 12:11 WIB
perbankan
85 Kantor Perbankan Ditunjuk Jadi Tempat Penukaran Uang Pecahan Kecil
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Bandoe Widiarto (mengenakan peci) -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 85 kantor perbankan ditunjuk Bank Indonesia sebagai tempat penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) menjelang Idul Fitri 1438 Hijriyah. Kantor perbankan tersebut tersebar di Solo, Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Klaten, Sragen, dan Kabupaten Karanganyar.

Penunjukan kantor perbankan sebagai tempat penukaran UPK baru dilakukan tahun ini. "Tahun lalu kita sifatnya hanya mengimbau perbankan agar melayani. Tahun ini ada penunjukan," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Bandoe Widiarto, Selasa 30 Mei 2017.

Pelayanan penukaran uang di kantor perbankan yang ditunjuk semakin memudahkan masyarakat, apalagi bagi warga yang tinggal jauh dari pusat kota. Cara ini juga membuat penukaran UPK semakin merata, sehingga tidak menyebabkan penumpukan antrean di tempat tertentu.

"Karena sudah dilayani di perbankan, maka Bank Indonesia hanya melayani penukaran kolektif instansi saja," tambah Bandoe.

Penukaran uang dilayani di loket-loket kantor perbankan yang ditunjuk pada waktu tertentu. Pada minggu kedua dan ketiga, penukaran UPK dilayani setiap hari Selasa dan Kamis pukul 09.00-12.00 WIB.

Sedangkan, pada minggu keempat, peningkatan pelayanan akan dilakukan. Penukaran UPK minggu keempat akan dilayani pada Senin-Kamis.

Bandoe berharap, penukaran UPK di bank juga sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan produk-produk perbankan pada masyarakat. "Untuk meningkatkan literasi dan inklusi produk perbankan," tutur dia.

Manajer area Bank Mandiri area Surakarta Linda Permata Sari mengatakan, tahun ini menambah jumlah kantor cabang Bank Mandiri yang melayani penukaran UPK untuk Lebaran. "Tahun lalu kami dua cabang yang melayani. Tahun ini tambah lima cabang lagi," kata dia.

Total ada tujuh cabang Bank Mandiri melayani penukaran UPK yang tersebar di kabupaten sekitar Solo, antara lain Bank Mandiri Purwotomo, Sragen, Boyolali, Klaten, dan Bank Mandiri Wonogiri.

Sementara, Kepala Cabang BCA Slamet Riyadi Hartana mengungkapkan kesiapan pihaknya melayani penukaran UPK. "Akan ada loket tersendiri untuk pelayanan ini. Layanan penukaran dipisah," kata dia.


(NIN)