Varietas Baru Bawang Putih Dijual Rp15 Ribu/Kg

Pythag Kurniati    •    Selasa, 30 May 2017 14:24 WIB
bawang
Varietas Baru Bawang Putih Dijual Rp15 Ribu/Kg
TPID Kota Solo sidak ke distributor bawang putih di Pasar Legi. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo, Jawa Tengah, melakukan inspeksi mendadak (sidak) pertama pada bulan Ramadan. Sidak dilakukan di Pasar Legi, Kota Solo, Jawa Tengah.

Tim menuju distributor bawang putih di sebelah barat Pasar Legi. Lantarannya, harga bawang putih masih bertengger di angka Rp45.500 per kilogram pada tingkat distributor.

Saat berkunjung ke distributor bawang putih, tim TPID mendapati varietas baru bawang putih dengan harga lebih terjangkau. "Ini bawang putih jenis buling," ungkap pemilik toko, Aryo kepada tim TPID di Pasar Legi, Selasa, 30 Mei 2017.

Satu kilogram bawang putih jenis buling dijual Rp15 ribu. Harganya jauh dibanding bawang putih jenis kating besar yang harganya saat ini mencapai Rp45.500 per kilogram.

Dari segi rasa, lanjutnya, tidak berbeda dengan bawang putih jenis kating. Namun ada sedikit perbedaan dari segi tampilan luar. "Kating lebih menarik," katanya.

Aryo melanjutkan, selama ini masyarakat Jateng, lebih menyukai bawang putih kating. "Kalau Jakarta, Bali lebih pilih pakai bawang putih sico yang harganya Rp29.500 per kilogram," tuturnya.

Aryo mengaku, seluruh stok bawang putih di tokonya ia dapatkan dari Surabaya. Secara keseluruhan, tambah dia, saat ini harga bawang putih justru turun.

"Puasa awal harga bawang putih biasanya turun. Melihat tahun kemarin harga akan naik mendekati lebaran dan sesudah lebaran," urainya.

Sementara Wakil Ketua TPID Solo Bandoe Widiarto menjelaskan, munculnya varietas baru bawang putih yang dijual, membuat masyarakat memiliki lebih banyak pilihan. "Ada varietas baru, rasa sama, lebih murah. Masyarakat bisa memilih, menyesuaikan kantong," terang Bandoe.


(SAN)