Sentra Logam Bugangan Didorong Ekspor Produk

Budi Arista Romadhoni    •    Jumat, 06 Apr 2018 14:44 WIB
industri kecil menengah
Sentra Logam Bugangan Didorong Ekspor Produk
Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih melihat produk dari Sentra Industri Logam Bugangan, Semarang, Jumat, 6 April 2018. Foto: Medcom.id/Budi Arista Romadhoni

Semarang: Kementerian Industri  mendorong sentra industri logam Bugangan, Kota Semarang, Jawa Tengah, meningkatkan kualitasnya. Sentra logam Bugangan diharapkan bisa bersaing di kancah nasional maupun Internasional.

Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menyebut akan membawa produk logam Bugangan ke pasar nasional.

"Yang kita lakukan adalah memperkenalkan. Bugangan dulu siapa yang tahu, sentra logam di Semarang. Indonesia ternyata bisa bikin banyak produk logam. Kita harus selalu memperkenalkan barang lokal kita agar dicintai dan di pakai," kata dia di Bugangan, Kota Semarang, Jumat, 6 April 2018.

Dia menyebut produk industri kecil menengah berkualitas bagus dan pasti diminati masyarakat. Apalagi, pasar industri logam amat luas.

"Dari industri makanan minuman, kemudian industri kimia, mesin tekstil, otomotif dan elektronik butuh peralatan yang bisa disuplai dari industri logam lokal," ungkapnya.

Dia juga memberikan semangat kepada pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk berani bersaing dengan produk logam impor.

"Kompetisi dengan luar negeri harus berani seperti kanvas rem di luar negeri produk impor dan produk luar negeri sekarang harganya sama. Kalau dulu impor lebih murah, sekarang sama. Temen-temen di dalam negeri harus berani bersaing,"

Ada 390 industri kecil menengah (IKM) dengan 13 ribu perajin tersebar di Indonesia. Sebanyak 20 IKM berada di Jateng.

Dia ingin para pengusaha juga mulai memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya.

"i-Smart IKM kita sudah ada 320 juta transaksi. Sekarang sudah banyak order dan harganya juga bagus. Produk-produk logam anak bangsa harus terus kita pamerkan," tandasnya.

Sementara itu AVP of Marketplace Tokopedia Garri Juanda mengaku mendukung para pelaku usaha produk logam dapat menjual dengan online.

"Tokopedia misinya itu memperatakan ekonomi secara digital, jadi kami akan membantu produk logam dijual secara digital," tandasnya.
 


(SUR)