Pertamina Tambah 18 Ribu LPG 3 Kg untuk Temanggung

Budi Arista Romadhoni    •    Minggu, 23 Sep 2018 13:24 WIB
elpiji 3 kg
Pertamina Tambah 18 Ribu LPG 3 Kg untuk Temanggung
Ilustrasi elpiji 3 kilogram. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Semarang: Kelangkaan elpiji 3 kilogram (kg) terjadi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Pertamina menyiapkan penambahan fakultatif sebanyak 18 ribu tabung elpiji 3 kg guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Unit Manager Communication & CSR MOR IV PT Pertamina (Persero), Andar Titi Lestari mengatakan indikasi sulitnya warga mendapatkan elpiji 3 kg bersubsidi ini adalah meningkatnya kebutuhan dan dialihfungsikan oleh petani.

"Kami telah menyiapkan tambahan yang sifatnya fakultatif sebanyak 18.480 tabung pada periode ini," Kata Andar di Semarang, Minggu, 23 September 2018.

Pertamina menyalurkan 1.667 tabung tambahan, sehingga total penyaluran hari ini di Temanggung sebanyak 23.320 tabung. Di atas rata-rata penyaluran normal harian di Kab Temanggung yang jumlahnya 21.643 tabung per hari

Pemerintah sebelumnya telah mengimbau petani untuk menggunakan oven batubara, cangkang sawit, cangkang kemiri, kayu turi, atau elpiji 12 kilogram untuk mengeringkan tembakau.

"Kami sangat memerlukan keikutsertaan pengawasan dari pemerintah daerah dan kepolisian. Kami mengajak dan meminta seluruh lapisan masyarakat juga untuk turut berperan," ujarnya.

Pertamina selalu siap untuk menyediakan kebutuhan elpiji untuk masyarakat. Namun, masyarakat perlu memahami elpiji 3 kg bersubsidi diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu.


(SUR)