BBM dan LPG di Jateng DIY Dipastikan Aman

Pythag Kurniati    •    Jumat, 08 Dec 2017 12:31 WIB
bbmnatal dan tahun baru
BBM dan LPG di Jateng DIY Dipastikan Aman
Ilustrasi -- MI/Liliek Dharmawan

Solo: Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG selama Natal dan Tahun Baru 2018 di kawasan Jawa Tengah dan DIY dipastikan aman. Pertamina bakal melakukan sejumlah langkah untuk menjamin ketersediaan, seperti menambah stok selama Natal dan Tahun Baru.

Unit Manager Communication dan CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah Andar Titi Lestari mengatakan stok tambahan disesuaikan dengan tren konsumsi BBM dan LPG di Jateng. Penambahan stok juga memperhatikan kebutuhan masing-masing daerah.

"Pertalite misalnya, disiapkan tambahan stok hingga 7 persen dari rata-rata konsumsi harian 6.205 kiloliter di Jawa BagianTengah," kata Andar di Solo, Kamis, 7 Desember 2017.

Tambahan ketersediaan stok juga berlaku bagi bahan bakar lainnya, seperti Pertamax yang akan ditambah stok 8 persen, Pertamax Turbo 12 persen, Premium 7 persen, dan Dexlite sebanyak 7,5 persen dari rata-rata konsumsi harian 2017. Pertamina juga menyiapkan antisipasi kenaikan konsumsi LPG.

"Dengan peningkatan rata-rata sebesar 10 persen (untuk PSO) dan 11 persen (non-PSO) dibandingkan rata-rata normal harian di Jateng DIY," urai Andar.

Konsumsi BBM dan elpiji diperkirakan mulai naik pada 15 Desember 2017 hingga 13 Januari 2018. Guna memonitor stok BBM dan LPG selama Natal dan Tahun Baru, Pertamina membentuk satuan tugas (satgas) Natal dan Tahun Baru.


(NIN)