Bandara Gading Bisa Ulur Waktu Kunjungan Wisatawan

Patricia Vicka    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:23 WIB
bandara
Bandara Gading Bisa Ulur Waktu Kunjungan Wisatawan
Bandara Gading, Gunungkidul, Yogyakarta. Foto: MI/Ardi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pengembangan lapangan terbang Gading di Gunungkidul, DI Yogyakarta, dinilai bisa mendongkrak waktu kunjungan wisatawan. 

Kehadiranya, selain mampu meningkatkan kunjungan wisata, diharapkan mampu memperpanjang waktu tinggal para wisatawan di Gunungkidul.

"Kami akan serius mengkaji pengembangan bandara ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Saryanto, saat dihubungi di Yogyakarta, Jumat (25/11/2016).

Dia optimistis keberadaan Bandara Gading akan memperpanjang waktu tinggal wisatawan dari 1,4 menjadi 1,6 hari. Jika sudah bisa difungsikan, ia akan menyiapkan serangkaian acara kebudayaan dengan waktu yang beragam. Seperti, menikmati matahari terbit dan pergelaran musik.

"Kalau Bandara Gading jadi perintis, pesawat bisa langsung mendarat. Kami siapkan event di pagi atau malam hari. Mau tidak mau wisatawan harus menginap di Gunungkidul," kata dia.

Baca: Bandara Gading akan Jadi Bandara Perintis Tampung Turis

Keberadaan bandara perintis, kata dia, penting untuk mengembangkan pariwisata di Gunungkidul. Namun, pemkab Gunungkidul belum bisa memprediksi seberapa besar peningkatan kunjungan wisata jika bandara ini sudah difungsikan.

Menteri Perhubungan Budi Karya S. melemparkan wacana pengembangan lapangan terbang Gading menjadi bandara perintis pariwisata saat menjadi pembicara dalam Seminar Pengembangan Kabupaten Gunungkidul, pekan lalu. 

Budi sesumbar bandara seluas 500 hektare itu siap dioperasikan tahun depan untuk pesawat perintis dan jet pribadi.

Kini lapangan terbang milik TNI AU itu difungsikan sebagai pusat penelitian, olahraga kedirgantaraan, dan latihan sekolah militer TNI AU.


(UWA)