Baru 30 Persen UKM Jateng Ikut Amnesti Pajak

   •    Kamis, 16 Mar 2017 16:51 WIB
tax amnesty
Baru 30 Persen UKM Jateng Ikut Amnesti Pajak
Foto ilustrasi. (Ant/Risky Andrianto)

Metrotvnews.com, Semarang: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I mendorong pelaku usaha kecil dan menengah mengikuti program amnesti pajak pada tahap terakhir.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Irawan memprediksi jumlah UKM di Jateng mencapai 50 ribu. Namun, baru sekitar 30 persen yang ikut amnesti pajak. "Yang terdaftar mengikuti amnesti baru sekitar 18 ribu (wajib pajak pribadi dan badan)," katanya, seperti dikutip Antara di Semarang, Kamis, 16 Maret 2017.

Sedangkan uang tebusan dari UKM sejauh ini sudah mencapai Rp225 miliar. Rinciannya, Rp211,64 miliar dari orang pribadi dan sisanya WP badan.

Secara keseluruhan, total uang tebusan pada program amnesti pajak dari tahap pertama hingga ketiga di kisaran Rp8,149 triliun. "Kalau dari sisi capaian uang tebusan program amnesti pajak ini, Jawa Tengah menempati rangking kelima nasional," katanya.

Sedangkan dari sisi jumlah WP yang mengikuti, dia mengatakan totalnya khusus untuk Jawa Tengah I sudah 37.783 WP. Khusus di bulan Maret 2017, jumlah WP yang sudah mengikuti amnesti pajak mencapai 2.738 WP.

"Kalau bulan lalu sebanyak 3.222 WP. Harapannya sampai akhir bulan nanti jumlah WP-nya lebih banyak dari bulan lalu," katanya.


(SAN)