Sehari, Tebusan Amnesti Pajak DJP Jateng II Melonjak Rp130 Miliar

Pythag Kurniati    •    Rabu, 28 Sep 2016 15:24 WIB
tax amnesty
Sehari, Tebusan Amnesti Pajak DJP Jateng II Melonjak Rp130 Miliar
Antrean warga yang memanfaatkan amnesti pajak di Kanwil DJP Jateng II, Rabu (28/09/2016).

Metrotvnews.com, Solo: Menjelang hari terakhir tahap pertama pengampunan pajak, penerimaan tebusan di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jateng II melonjak. Dalam kurun satu hari, 27-28 September 2016, penerimaan tebusan melonjak hingga Rp130 miliar.

"Sekarang mencapai Rp745 miliar. Padahal hingga kemarin Rp615 miliar. Artinya naik Rp130 miliar dalam waktu satu hari," ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II Lusiani saat ditemui di kantornya di Manahan, Solo, Rabu (28/9/2016).

Sedangkan dari sisi jumlah wajib pajak juga mengalami lonjakan. "Dalam kurun satu hari melonjak hingga 500-an orang," katanya.

Per 27 September 2016 jumlah wajib pajak yang telah memanfaatkan amnesti pajak sebesar 5.202 wajib pajak. Hingga berita ini disusun, tak kurang dari 5.700 wajib pajak telah memanfaatkan program ini.

Membeludaknya minat wajib pajak mengikuti amnesti juga tampak pada antrean di Kanwil DJP Jateng II. Salah seorang wajib pajak, Amin mengatakan baru sempat mengurus amnesti pajak pekan ini. "Pekan sebelumnya saya sudah kemari, ke help desk dan menanyakan prosedurnya. Supaya saat mengurus tidak terkendala apapun," ujar dia.

Amin mengaku, tidak butuh waktu berhari-hari mengurus pelaporan harta dan pembayaran tebusan. "Prosesnya lumayan cepat. Hanya karena ini bertepatan dengan hari terakhir periode I maka antreannya sangat banyak," urainya.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Humas (P2H) Kanwil DJP Jateng II, Nur Handoyo mengatakan kebanyakan kendala wajib pajak ada pada pengisian formulir secara soft copy.

"Proses yang lama biasanya di penerimaan karena beberapa wajib pajak mengisi soft copy kurang komplet. Kalau mengikuti petunjuk, hanya satu jam layanan tax amnesty sudah bisa selesai," ujarnya.


(SAN)