Ribuan Pelajar Kendal Sesaki Bursa Lowongan Kerja

Iswahyudi    •    Senin, 19 Sep 2016 16:53 WIB
lowongan kerja
Ribuan Pelajar Kendal Sesaki Bursa Lowongan Kerja
Suasana bursa lowongan kerja di SMKN 4 Kendal, Jateng, Senin (19/9/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Ribuan pencari kerja dan pelajar memenuhi halaman SMK Negeri 4 Kendal, Jawa Tengah, Senin 19 September. Mereka berdesakan demi bersaing mengisi 1.000 lowongan di 40 perusahaan yang ikut dalam bursa kerja.

Tidak sebandingnya jumlah lowongan dengan pencari kerja, membuat lokasi bursa kerja dipadati pengunjung. Malah, baik siswa maupun para alumnus sudah mengantre sejak pagi hari. 

Kepala SMKN 4 Kendal Kusdarmanto berharap, lulusan SMK bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. “Kegiatan ini untuk mendekatkan pekerjaan kepada siswa SMK baik yang sudah lulus maupun masih berstatus pelajar,” kata Kusdarmanto.

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur mengatakan, kegiatan ini sebagai jawaban bahwa Kabupaten Kendal mampu menciptakan sumber daya yang siap bekerja. “Dan kenyataanya, banyak lulusan SMK yang sudah bekerja di sejumlah perusahaan,” jelas Masrur.

Data dari dinas pendidikan setempat, setidaknya 80 persen lulusan SMK sudah bekerja. Sedangkan 20 persen lainnya ada yang melanjutkan kuliah atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Sementara itu Anggraini, salah satu pencari kerja mengaku sering mengikuti kegiatan seperti ini untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuannya. “Baru daftar satu, masih lihat-lihat dulu,” katanya saat ditemui di lokasi.

Bursa kerja tingkat Jawa Tengah ini diharapkan bisa menyerap seribu pencari kerja sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kendal.


(SAN)