Pemkab Gunungkidul Sasar Rp2,6 Miliar dari Libur Lebaran

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 12 Jun 2018 17:39 WIB
pariwisataMudik Lebaran 2018
Pemkab Gunungkidul Sasar Rp2,6 Miliar dari Libur Lebaran
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Gunungkidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta berharap sekitar 300 ribu wisatawan yang menghabiskan libur lebaran di Gunungkidul. Dari jumlah tersebut, diharapkan bisa mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata sebesar Rp2,6 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Asti Wijayanti optimis target itu bisa terpenuhi. Ia memperkirakan obyek wisata yang masih menjadi magnet didominasi wisata pantai selatan. Jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan akan tinggi pada 17-19 Juni 2018.

Sejumlah wisata yang diperkirakan mendapat banyak kunjungan di antaranya, wisata pantai, Gua Pindul, Kalisuci, hingga Gunung Api Purba Nglanggeran.

"Antusiasme wisatawan dan pemudik untuk wisata di Gunungkidul masih cukup tinggi," kata Asti saat dihubungi, Selasa, 12 Juni 2018.

Ia mengaku sudah mengerahkan petugas untuk memantau kesiapan berbagai destinasi wisata di Gunungkidul. Selain itu, petugas yang berjaga di tempat pemungutan retribusi wisata juga ditambah.

Petugas dari kepolisian, dinas perhubungan, Satpol PP, hingga elemen masyarakat dikerahkan untuk mengurai kemacetan.

"Ada ratusan petugas yang akan membantu menjaga kenyamanan wisatawan. Kami juga mengimbau para pedagang tidak memanfaatkan momen dengan menaikkan harga dagangan dengan nilai terlampau tinggi," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Syarif Armunanto menyatakan akan menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan. Ia meminta seluruh wisatawan mematuhi arahan petugas di lapangan.

"Tapi memang jalur alternatif tidak kami rekomendasikan untuk kendaraan bus besar," ungkapnya.


(SUR)