Tahun Depan, DIY Tambah 9 Koridor dan 54 Armada TransJogja

Patricia Vicka    •    Selasa, 22 Nov 2016 18:40 WIB
transportasi
Tahun Depan, DIY Tambah 9 Koridor dan 54 Armada TransJogja
TransJogja. (Ant/Kurniawan Arie Wibowo)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berencana mengganti seluruh angkutan perkotaan di dalam Kota Yogyakarta menjadi TransJogja.

Kepala Dinas Perhubungan Sigit Haryanta menjelaskan ke depannya seluruh wilayah di dalam Kota Yogyakarta akan dihubungkan dengan TransJogja.

Pada tahap awal, Dinas Perhubungan DIY akan menambah 9 koridor (jalur) baru TransJogja di 2017 menjadi 17 koridor. "Untuk memaksimalkan jalur baru, jumlah bus akan kami tambah 54 buah menjadi 128 armada," tuturnya di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (22/11/2016).

Selain itu April 2017, waktu operasional TransJogja akan diperpanjang dari pukul 05.30- 21.00 WIB. Sebelumnya, TransJogja hanya beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. 

Sistem pembayaran TransJogja akan direvisi dan diganti dengan penggunaan uang elektronik. Pemda akan bekerja sama dengan Bank Mandiri, BRI dan BCA. Pembayaran bus akan dilakukan di dalam bus dengan cara menempelkan uang elektronik di mesin yang sudah disiapkan.

"Sekarangkan bayarnya masih di halte pakai singel trip. Nanti tidak ada pembayaran lagi di halte. Penumpang akan diarahkan punya kartu yang ada deposit. Naik ke dalam bus tinggal tapping di alat pembayaran," jelasnya.

Dengan adanya penambahan armada baru, pihaknya juga akan menambah 105 halte baru menjadi 291 buah.  Ia berharap dengan adanya penambahan armada,  seluruh TransJogja akan mampu menampung 7.000 penumpang per hari.


(SAN)